NTB

Gubernur NTB Bawa Tanah Tambora dan Air Narmada untuk IKN

Mataram (NTB Satu) – Presiden Jokowi berkunjung dan akan menginap di Titik Nol Ibukota Negara Nusantara (IKN), Kalimantan Timur Senin, 14 Maret 2022. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, turut mengundang seluruh Gubernur mulai dari Aceh hingga Papua ke IKN.

Para Gubernur telah membawa tanah serta air dari masing-masing daerah untuk kemudian disatukan di Titik Nol IKN. Tanah dan air yang dibawa harus diambil dari lokasi yang tentunya sesuai dengan kearifan lokal dan budaya provinsi tersebut.

IKLAN

Tanah beserta air yang dibawa para Gubernur digabung di dalam sebuah wadah kendi. Dalam acara tersebut, Gubernur menyerahkan air dan tanah kepada Presiden, untuk dituangkan ke dalam kendi yang sudah disiapkan.

Penggabungan tanah beserta air dari seluruh Indonesia memiliki makna tanah dan air berkaitan dengan Nusantara, yang mana dari ujung Aceh sampai Papua punya kearifan lokal dan budaya yang berbeda-beda.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur NTB, Dr. H Zulkieflimansyah membawa tanah dari Tambora dan air dari Taman Narmada. Menurut Gubernur, Tambora punya sejarah besar dan Taman Narmada, memiliki nilai spiritual yang kuat.

“Kami membawa tanah dari Tambora yang punya sejarah besar, sedangkan air, kami bawa dari Narmada akan membuat awet muda,” ungkap Zulkieflimansyah, pada Ahad 13 Maret 2022.

Dalam kesempatannya bertemu dengan para Gubernur lain dari seluruh Indonesia, Zulkieflimansyah mengaku senang sebab banyak pihak yang menanyakan dan mengaku antuasias dengan dihelatnya MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

“Para Gubernur dan para Menteri, sangat antusias (untuk menyambut) Minggu depan, kemudian bersama-sama lagi menyaksikan MotoGP di Mandalika,” tulis Gubernur dalam akun Instagram @zulkielimansyah, pada Minggu 13 Maret 2022. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button