Lombok BaratMotoGP

Saat MotoGP, Masa Tunggu Kapal di Pelabuhan Lembar Diperpendek Jadi 1 Jam

Giri Menang (NTB Satu) – Masa tunggu kapal di Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat (Lobar) akan dipercepat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang jelang MotoGP.

“Jumat 4 Maret kita sudah rapat di ASDP. Rapat lengkap dengan Gapasdap. Skenarionya, interval kapal akan dipersingkat dari 1,5 jam sampai 2 jam menjadi 1 jam. Tanggal 15 Maret ini akan dilakukan uji coba,” kata Ketua Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Gapasdap), Denny F. Anggoro, Selasa 8 Maret 2022.

IKLAN

Kebijakan mempersingkat interval kapal ini untuk mengurai kemungkinan terjadinya lonjakan penumpang saat digelarnya MotoGP pada 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika. Terlebih, pemerintah sudah mengumumkan pelonggaran kepada penumpang kapal laut dan udara, boleh tanpa swab antigen dan PCR asalkan sudah vaksinasi lengkap.

Denny menambahkan, sejak penyelenggaraan pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika pada minggu kedua Februari 2022, sudah terlihat pergerakan penumpang yang menggunakan jalur penyeberangan laut yang menghubungkan Bali dan Lombok.

Pergerakan penumpang kapal laut menuju Pelabuhan Lembar diperkiarakan akan terus naik, dan puncaknya pada moment MotoGP. Sehingga, skenario lain yang disiapkan adalah menyiapkan kapal-kapal di Pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Padang Bai.

“Jumlah kapal yang nunggu dipecah baik di Pelabuhan Lembar maupun di Pelabuhan Padang Bai. Sehingga saat terjadinya lonjakan penumpang, sudah ada antisipasinya,” imbuh Denny.

IKLAN

Pada bagian lain, Gapasdap juga menyambut gembira keputusan pemerintah untuk melonggarkan syarat perjalanan dari laut maupun udara di tengah pandemi. Gapasdap mengharapkan pemerintah memberlakukan kebijakan ini secara permanen agar ekonomi bisa menggeliat lagi.

“Kami dari pengusaha kapal di Gapasdap sangat bersyukur sudah dilonggarkan syaratnya. Kalau bisa dihilangkan. Harapan kita syarat baru ini menjadi permanen,” terang Denny. (ABG)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button