NTB

Polairud Polres Sumbawa Patroli Antisipasi Kejahatan Laut di Pulau Panjang

Sumbawa Besar (NTB Satu) – Personel Satuan Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polres Sumbawa, rutin menggelar patroli laut dalam rangka mengamankan wilayah perairan yang berada di wilayah Hukum Polres Sumbawa.

Kegiatan patroli yang dipimpin langsung oleh Kasat Polairud, AKP Alosius Ignasius, dengan menggunakan unit KP XXI – 2004 Polairud Polres Sumbawa.

IKLAN

Patroli tersebut menyasar wilayah perairan di sekitar Pulau Panjang, Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa pada Rabu, 24 November 2021.

Kasat Polairud menerangkan patroli tersebut dilakukan untuk menekan angka illegal fishing dan membatasi gerak para pelaku.

“Patroli rutin ini merupakan bentuk atisipasi ilegal fishing, selain itu juga banyaknya laporan masyarakat terkait adanya penangkapan ikan dengan cara yang tidak benar,” tegasnya.

Alosius lanjut menjelaskan bahwa selain pemeriksaan dokumen kapal, pemeriksaan juga dilakukan terhadap nelayan dan barang muatan pada kapal tersebut.

“Sejauh ini, kapal-kapal yang kita periksa masih memenuhi syarat untuk berlayar karena tidak ditemukan pelanggaran sehingga kapal bisa terus melanjutkan aktivitasnya,” jelasnya.

Setelah pemeriksaan selesai, personel Polairud juga memberikan pesan- pesan Kamtibmas perairan serta himbauhan pada para nelayan agar tetap patuhi protokol kesehatan.

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan para nelayan agar mewaspadai cuaca buruk seperti angin kencang dan gelombang tinggi saat berakifitas. (DAA)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button