BERITA NASIONALPendidikan

Begini Cara Cek Hasil SPAN PTKIN 2024 yang Diumumkan Siang Ini

Mataram (NTBSatu) – Pengumuman hasil Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) 2024 akan diumumkan hari ini, Selasa, 2 April 2024 pukul 14.00 WIB.

Peserta SPAN PTKIN 2024 dapat mengecek hasil seleksi pada laman resmi pengumuman, yakni pengumuman-span.ptkin.ac.id.

Pengumuman hasil SPAN PTKIN 2024 ini dilakukan usai Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) PTKIN menggelar rapat kelulusan pada Jumat, 29 Maret 2024.

Ketua PMB PTKIN 2024, Prof. Nyayu Khadijah menyampaikan, rapat kelulusan ini menjadi tonggak bersejarah dalam menjaga kualitas pendidikan tinggi Islam di Indonesia.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan standar seleksi agar mampu menghasilkan generasi yang berkualitas, berintegritas, dan mampu bersaing di tingkat global,” ungkapnya, dikutip dari keterangan resmi yang diterima NTBSatu, Selasa, 2 April 2024.

Berita Terkini:

Sementara itu, Ketua Forum Rektor PTKIN se-Indonesia, Prof. H. Masnun Tahir menekankan pentingnya kolaborasi antar perguruan tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di tanah air melalui PMB tahun ini.

“Dengan kerja sama yang solid dan sinergis, kami yakin PTKIN Indonesia akan mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan bangsa melalui pendidikan yang berkualitas,” ujarnya.

Berikut tata cara lengkap untuk mengecek pengumuman hasil SPAN PTKIN 2024:

  1. Buka laman Pengumuman SPAN PTKIN 2024;
  2. Masukkan nomor pendaftaran di kolom yang tersedia;
  3. Hasil kelulusan peserta SPAN PTKIN 2024 akan muncul di layar.

Apabila dinyatakan lulus, maka peserta dapat melakukan proses verifikasi lanjutan dengan cara pendaftaran ulang di PTKIN yang diterima. Proses dan aturan daftar ulang ditetapkan perguruan tinggi masing-masing yang dituju oleh pendaftar.

Peserta SPAN PTKIN 2024 dapat melihat proses dan aturan daftar ulang tersebut dengan mengunjungi laman resmi perguruan tinggi masing-masing, yang akan tertera pada saat melihat pengumuman.

Sementara, bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus, dapat mengikuti jalur tes masuk perguruan tinggi lainnya yang akan dibuka pada April 2024. Salah satunya adalah Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN).

Sebagai informasi, jalur SPAN PTKIN adalah seleksi masuk yang dibuka oleh Kementerian Agama (Kemenag) dengan sistem seleksi berdasarkan prestasi akademik menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya. SPAN PTKIN merupakan jalur pertama dalam PMB PTKIN 2024. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button