Daerah NTB

Hingga Juli 2023, Kunjungan Wisatawan ke NTB Mencapai 1,7 Juta

Mataram (NTB) – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menargetkan kunjungan wisatawan, baik Wisatawan Nusantara (Wisnus) maupun Wisatawan Mancanegara (Wisman) di tahun 2023 ini mencapai 2 juta orang.

Pada semester satu, Juli 2023, mencapai 1,7 juta wisatawan yang datang berkunjung ke NTB.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB, Jamaludin Malady mengatakan, jumlah 1,7 juta tersebut merupakan akumulasi dari wisatawan yang datang melalui jalur udara dan jalur laut, dengan jumlah terbanyak adalah melalui jalur udara.

Baca Juga:

“Yang lewat Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) semester 1 itu sudah 1,1 juta dari laporan kemarin,” katanya, Jumat, 11 Agustus 2023.

Berbeda dengan jalur udara, wisatawan yang berkunjung melalui jalur laut jauh lebih sedikit, tercatat jumlah rata-rata wisatawan yang berkunjung mencapai angka 3.000 per hari saat weekend.

Sedangkan, saat hari-hari biasa, jumlah kunjungan berada diangka sekitar 2.000 per hari.

“Lewat laut dari Padangbai, Sanur, dan Kute menuju ke Gili Trawangan itu kita ambil rata-rata nya kalau weekend itu sekitar 3.000-an, Kalau hari-hari biasa 2.000-an, kita ambil rata-rata 2.000 saja sehari, dari Januari ya sekitar 400.000-an lah, berarti kalau kita gabung dengan yang lewat bandara mencapai sekitar 1,5 juta,” jelasnya.

Sementara itu, Wisatawan yang masuk lewat Pelabuhan Lembar, Lombok Barat hingga semester satu ini mencapai 200.000 wisatawan.

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button