NTB

Kebut Sirkuit Jelang WSBK, Tukang Cat dari Inggris, Alatnya dari Jerman

Mataram (NTB Satu)  – Sejumlah proyek pendukung Pertamina Mandalika International Circuit terus dikebut PT. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Pekerjaan terus dikejar jelang Superbike World Championship (WSBK) 2021 seri Indonesia yang akan berlangsung pada 19-21 November mendatang.

Kelengkapan yang tengah disiapkan antara lain pengecatan kerb pada main track Sirkuit, pekerjaan konstruksi Pit Building, tahap finishing pada Race Control dan Observation Deck, pemasangan Grand Stand atau tribun penonton, serta pengisian fasilitas medis pada Medical Center.

IKLAN

Pengecatan kerb yang berfungsi sebagai marka, menggunakan alat dan cat khusus dari Jerman.

View terbaru Sirkuit Mandalika. foto : ITDC

“Pengecatan kerb ini dilakukan oleh perusahaan spesialis Race Track yaitu Roadgrip yang berasal dari Inggris dengan subsidiary mereka yaitu Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI),” Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro.

Tukang cat diketahui oleh tenaga spesialis yang telah mengerjakan sirkuit-sirkuit seluruh dunia. Seperti Austin, Texas, Zaandvort, Belanda, Yas Marina, Abudhabi.

Selanjutnya, pengerjaan konstruksi pada Pit Building. Saat ini tengah dibangun berkapasitas 50 garasi dengan total panjang 350 meter yang akan digunakan oleh para tim dan kru pembalap.

Pit Building ini dibangun dengan sistem modular yang terdiri dari lantai dasar, lantai dua, dan lantai tiga.

Lantai dasar merupakan lokasi untuk para pembalap dan teknisi atau kru balap. Lantai dua merupakan tempat tribun penonton VVIP dan media center.

Pengerjaan Pit Building dengan teknologi modular. foto : ITDC

“Pada area ini, para penonton dapat melihat event balap dengan jelas karena berhadapan langsung dengan start atau finish line Sirkuit,” ujarnya.

Sementara lantai tiga merupakan tempat fasilitas – fasilitas pendukung lainnya. Kontruksi pit building menggunakan modular ini telah dihitung oleh ahli teknis sehingga aman dan memenuhi syarat untuk digunakan dalam event balap motor berkelas internasional.

Adapun prasarana lainnya yaitu Race Control yang merupakan lokasi supervisi jalannya balapan saat ini sedang dalam tahap finishing fasad dan instalasi Race Electronics. Sementara, Observation Deck di area Sirkuit juga dalam tahap finishing pada area toilet dan area drop off.

Terkait tribun penonton, saat ini juga tengah dilakukan pemasangan grand stand yang tersebar di sejumlah titik di area Sirkuit.

Sejumlah titik tersebut antara lain berdekatan dengan tikungan 15, 16, 17, 1, dan berdekatan pada finish line. Grand stand ini ditargetkan akan selesai terpasang sebelum event berlangsung. (HAK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button