Lombok Tengah

1 Orang Luka dan 17 Rumah di Lombok Tengah Rusak Disapu Puting Beliung

Mataram (NTB Satu) – Angin puting beliuang menghempas rumah warga di Kecamatan Praya Lombok Tengah, Rabu (22/9) malam. Berawal hujan lebat yang disertai angin kencang, puting beliung menyapu puluhan rumah di tiga desa mengakibatkan satu orang korban luka luka.

Kepala BPBD Lombok Tengah, Ridwan Makruf menginformasikan, peristiwa itu terjadi sekitar Pukul 19.00 Wita. Saat itu semua warga rata rata berada di dalam rumah.

IKLAN

“Waktu itu rata rata orang lagi Salat Magrib. Sedang persiapan istirahat, saat itu hujan deras dan tiba tiba angin puting beliung,” kata Ridwan Makruf dihubungi ntbsatu.com.

Gelombang angin puting beliung itu menyapu rumah di Desa Monggas, Desa Montong Terep dan Mertak Tombok. “Paling banyak di Desa Monggas, puluhan rumah yang rusak,” kata Ridwan.

Rumah rusak disapu puting beliung di Lombok Tengah. (NTB satu/BPBD Loteng)

Akibat kejadian itu, satu orang warga luka luka akibat ditimpa bangunan roboh. “Ada satu korban luka ditimpa atap dan dinding rumah yang ambruk,” sebutnya.

Sementara data awal yang diterima dari Pusdalops, satu orang korban luka, 20 KK terdampak dan 17 unit rumah rusak.

IKLAN

Ridwan mengaku sudah terjun ke lokasi malam itu juga bersama TNI dan Polri. Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri juga sudah turun mengecek kondisi para korban.

Bantuan tanggap darurat sudah dikirimkan ke lokasi dan selanjutnya mempersiapkan proses rehab rumah rusak. Terkait ini, timnya diterjunkan khusus untuk mengecek detail berapa rumah rusak dan volume kerusakannya.

Dengan dasar itu diajukan perbaikan dengan anggaran yang ada. “Semalam pak Kalak BPBD NTB juga hubungi untuk membantu. Tapi kami sampaikan, verifikasi dulu, supaya bantuannya tepat sasaran,” pungkasnya. (red)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button