Daerah NTBLombok TimurPolitik

KPU Lombok Timur Gandeng Insan Pers Sosialisasi Tahapan Pilkada

Lombok Timur (NTBSatu) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur menggandeng puluhan insan pers dalam sosialisasi Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, Kamis, 11 Juli 2024.

Pada sosialisasi itu, KPU Lombok Timur, Ada Suci Makbullah, mengatakan persiapan Pilkada 2024 tengah memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih.

“Bulan Maret kemarin kami menyelesaikan proses PPK dan PPS, dan Juli ini kami sudah pada tahapan pemutakhiran data pemilih,” kata Suci.

Ia mengatakan, pemutakhiran data yaitu pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Lombok Timur sudah mencapai 97 persen.

“Meski daerah kita paling luas dan jumlah pemilih kita paling banyak, tapi coklit kita salah satu yang paling cepat,” ucap Suci.

Sementara jumlah Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang melakukan coklit data pemilih untuk Pilkada 2024 sebanyak 3.720 orang.

Suci menjelaskan, masa kerja Pantarlih melakukan coklit selama satu bulan. Mulai 24 Juni sampai 24 Juli 2024.

Namun pihaknya menargetkan, proses coklit tersebut dapat tuntas selama tiga minggu masa kerja.

“Tiga minggu kita targetkan semua data rampung, sisanya minggu terahir sebagai pencermatan hasil bersama Bawaslu,” ujarnya.

Adapun jumlah penduduk Lombok Timur yang memenuhi syarat sebagai pemilih di Pilkada tahun ini sebanyak 970.000 lebih.

Angka itu berasal dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button