Daerah NTB

Jelang Asesmen Sekolah, Kegiatan Pembelajaran Tetap Difokuskan selama Ramadan

Mataram (NTBSatu) – Kegiatan sekolah jenjang SD dan SMP di Kota Mataram selama bulan Ramadan tidak hanya kegiatan keagamaan. Dinas Pendidikan meminta sekolah melaksanakan proses pembelajaran yang bersifat akademis sesuai kondisi sekolah masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan (Dis dik) Kota Mataram, Yusuf, S.Pd., meminta sekolah mengadakan kegiatan keagamaan dan persiapan asesmen selama bulan Ramadan.

“Selama hari sekolah di bulan Ramadan agar tetap menjalankan proses pembelajaran juga. Mulai dari persiapan asesmen sekolah bagi kelas akhir dan asesmen sumatif akhir semester genap bagi kelas lainnya,” ungkap Yusuf.

IKLAN

Jadwal asesmen SD dan SMP ini telah ditetapkan melalui surat Disdik Kota Mataram nomor 400.3.1/88/Disdik/III/2023 tertanggal 17 Maret 2023. Asesmen sekolah dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 13 Mei 2023.

Surat Dis dik Kota Mataram tersebut juga menyampaikan informasi tentang jadwal dan kegiatan sosial keagamaan yang sekolah dapat laksanakan. Kegiatan di sekolah selama Ramadan 1444 H akan berlangsung sejak 27 Maret sampai 15 April 2023 dari pukul 08.00 sampai 12.30 Wita.

“Pelaksanaan kegiatan Ramadan 1444 H di sekolah dengan mengembangkan kegiatan Imtaq. Kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan akhlak mulia, pemahaman, pendalaman, dan praktik amaliah keagamaan,” jelas Yusuf.

Yusuf berharap, praktik amaliah keagamaan yang tidak hanya saat di sekolah saja. “Juga melalui tugas rumah yang selaras dengan kegiatan Imtam,” tambahnya.

Untuk waktu pembelajaran maupun kegiatan Imtaq selama Ramadan, kata Yusuf, sekolah dapat menyesuaikan dengan ketentuan masing-masing. “Bagi pendidik dan peserta didik yang nonmuslim juga agar menyesuaikan kegiatannya sesuai jadwal tersebut,” imbaunya.

Terkait jenis kegiatan keagamaan, Dis dik menyerahkan seluruhnya kepada sekolah. “Kami harapkan sekolah segara mengadakan persiapan. Melaporkan juga kegiatan kepada Dis dik melalui bidang Pembinaan Pendidikan Dasar,” ujar Yusuf.

Selain itu, Dis dik juga menetapkan libur Ramadan 1444 H. Pada awal Ramadan libur selama tiga hari, dari 23 Maret sampai dengan 25 Maret 2023. Kemudian, lima hari sebelum 1 Syawal 1444 H, yakni 17 April sampai dengan 21 April 2023. Selanjutnya, libur Idul Fitri 1444 H selama 6 hari, tanggal 24 April sampai dengan 29 April 2023. (JEF)


Lihat juga:

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button