Kota Mataram

Kedelai di Mataram Masih Mahal, Ukuran Tempe Semakin Tipis

Mataram (NTB Satu) – Harga bulir Kedelai di Kota Mataram belum juga normal. Kenaikan harga kacang kacangan ini berdampak pada mahalnya bahan baku pembuatan Tempe.

Pantauan di Pasar Pagesangan Sabtu, 25 Februari 2023, harga Kedelai lokal saat ini masih di Rp20.000 per kilogram. Padahal sebelumnya hanya Rp12.000 per kilogram.

Tidak hanya yang lokalan, Kedelai impor pun masih mengalami hal yang sama, yaitu satu kilogram Kedelai impor masih di harga Rp15.000.

Imbasnya, produk olahan yang berbahan utama kedelai turut mengalami kenaikan harga. Efek dominonya, berdampak penurunan kualitas produk.

Misalnya Tempe yang jadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Memang, oleh produsen harganya tidak dinaikkan, namun Tempe dibuat irisan lebih tipis dari ukuran semula.

“Tetap harganya, tapi dikecilin, makin tipis sekarang,” kata Mawariah, pedagang di Pasar Pagesangan.

Tidak hanya kedelai, jenis kacang-kacangan lain pun mengalami pelonjakan harga, seperti Kacang Merah, Kacang Hijau, dan Kacang Tanah.

Kacang Merah saat ini bertahan di harga Rp20.000 per kilogram, padahal sebelumnya Rp15.000 per kilogram. Kemudian Kacang Hijau yang masih Rp22.000 per kilogram.

Kemudian Kacang Tanah, harganya pada saat ini masih bertengger di Rp28.000 per kilogram. “Masih mahal semua kalau kacang-kacangan,” pungkas Mawariah. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button