LingkunganLombok Timur

Lombok Timur Terima Master Plan Tourism dari Menparekraf

Lombok Timur (NTBSatu) – Pj Bupati Lombok Timur, M Juaini Taofik menerima Rencana Induk (Master Plan) Daya Tarik Wisata Cemara Siu di Sembalun dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno. 

Pj Bupati menyatakan komitmen Pemda Lombok Timur untuk segera memanfaatkan master plan tourism tersebut. Tujuannya untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata. 

Menurutnya, rencana induk ini telah dinantikan oleh berbagai pihak. Termasuk pelaku pariwisata dan pemerhati lingkungan. 

IKLAN

Terlebih kawasan Cemara Siu terletak di Sembalun dan sekitar Taman Nasional Gunung Rinjani yang merupakan bagian dari Geopark Rinjani.

Master plan ini akan semakin mendorong semangat para pemangku kepentingan pariwisata di Lombok Timur, terutama melihat tren peningkatan kunjungan wisatawan yang terus naik,” kata Taofik, Selasa, 15 Oktober 2024. 

Sebelumnya, Taofik juga mengatakan tourism hub atau pusat pariwisata itu akan berdiri di lahan seluas 1,6 hektare. 

Siapa pun yang hendak berkunjung ke Sembalun nantinya harus transit di tourism hub Cemara Siu. 

“Jadi siapa saja yang masuk ke Sembalun masuk ke Wisata Cemara Siu. Pusat informasi itu bagian dari portal hub, nanti semuanya tertuang dalam masterplan,” ujar Taofik. 

Sementara itu, Sandiaga Uno memaparkan bahwa selain Cemara Siu di Lombok Timur, master plan juga untuk tiga destinasi wisata lainnya. Yakni Air Terjun Tekaan Telu di Tomohon (Sulawesi Utara), Pulau Dodola di Kabupaten Pulau Morotai (Maluku Utara), dan Pulau Kumala di Kota Tenggarong (Kutai Kertanegara). (*)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button