HEADLINE NEWSMotoGP

MotoGP Mandalika 2024 Tinggalkan Utang Hosting Fee

Mataram (NTBSatu) – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Injourney Tourism Development Corporation (ITDC), belum melunasi pembayaran hosting fee MotoGP Mandalika 2024 kepada Dorna, sebagai pemegang lisensi event balap internasional tersebut.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria mengatakan, pembayaran hosting fee senilai Rp231 miliar itu masih tahap pendiskusian ITDC dengan Dorna.

“Sisa pembayarannya masih proses diskusi, termasuk skema pembayarannya seperti apa,” kata Priandhi kepada wartawan, Jumat, 11 Oktober 2024.

IKLAN

Menyinggung soal sisa yang belum terbayarkan oleh ITDC, Priandhi mengaku tidak mengetahuinya. Katanya, masalah hosting fee adalah ranahnya ITDC. Pihaknya hanya memastikan event balap paling bergengsi ini berlangsung dengan baik.

Hosting fee ini bukan ranahnya MGPA karena MGPA penyelenggara balap, bukan yang menandatangani kontrak dengan Dorna. Tapi dengan ITDC. Jadi kami hanya diajak ikut serta dengan membantu penyelesaian hosting fee,” jelas Priandhi.

Begitupun dengan skema pembayarannya, apakah sepenuhnya pemerintah pusat yang menanggung? Lagi-lagi Priandhi mengaku tidak mengetahuinya.

“Bukan ranahnya saya, ini ITDC yang berkontrak dengan pemerintah,” tambahnya.

Cari Solusi Bayar Hosting Fee

Kendati demikian, saat ini pihak ITDC dengan pemerintah pusat tengah mencarikan solusi terbaik untuk menyelesaikan persoalan ini. Termasuk, melibatkan pemerintah daerah.

“Dorna sudah menentukan kesepakatan dengan ITDC berapa lama mereka kasih waktu untuk menyelesaikan hosting fee ini. Tapi menurut saya ini engga perlu dijadikan masalah besar. Dorna juga tidak ngejar, balap juga udah selesai,” terang Priandhi.

Sebagai informasi, pelaksanaan MotoGP Mandalika 2024 telah selesai. Selanjutnya, Indonesia kembali masuk dalam kalender event MotoGP 2025. Penyelenggaraannya pada Oktober 2025 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah.

Pada gelaran kemarin, penonton MotoGP Mandalika 2024 mencapai 120.000 orang. Jumlah tersebut terhitung berdasarkan jumlah tiket yang terjual.

“Untuk sementara jumlah terseburt berdasarkan yang kami hitung dari pembeli tiket yang masuk dan di scan. itu yang kami data,” kata Priandhi beberapa waktu lalu.

Priandhi menyampaikan, pada MotoGP Mandalika 2024 ini, MGPA mencetak tiket sebanyak 143.000 lembar. Dari jumlah tersebut, 120.000 lembar terjual.

Sehingga, jika melihat tahun sebelumnya, terjadi peningkatan jumlah penonton tahun ini. Sebab, tahun 2023 hanya mencapai kurang lebih 102 ribu orang. (*)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button