Daerah NTBLombok TimurPemerintahanPendidikan

SMKN 1 Pringgabaya Jadi Sekolah Pertama Sediakan Stasiun Cas Kendaraan Listrik

Lombok Timur (NTBSatu) – SMKN 1 Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, menjadi sekolah pertama di NTB yang menyediakan stasiun pengisian daya kendaraan listrik umum atau SPKLU.

Kepala Sekolah SMKN 1 Pringgabaya, Pathan, mengatakan penyediaan stasiun pengisian daya itu bekerja sama dengan PLN.

Di mana PLN menyediakan langsung sarana dan alatnya untuk sekaligus membantu siswa. Khususnya jurusan energi terbarukan, dalam melaksanakan praktik.

Selain itu, penyediaan SPKLU di SMKN 1 Pringgabaya juga terbilang strategis. Yaitu berada di Jalan Nasional yang menghubungkan Kota Mataram dan Pelabuhan Kayangan.

“Ini tentu akan membantu pengguna mobil listrik baik yang akan ke Sumbawa maupun yang akan ke Mataram,” ucap Pathan, Selasa, 23 Juli 2024.

Ia juga mengungkapkan, mengisi daya di stasiun tersebut tidak memakan waktu dan biaya yang mahal. Per Rp35.000, kendaraan roda empat dapat menempuh jarak 100 kilometer, bergantung juga pada spesifikasi kendaraan.

Dorong Masyarakat Beralih ke Kendaraan Listrik

Selain itu, ia mengharapkan keberadaan stasiun pengisian itu dapat mendorong masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik. 

Menurutnya, kurangnya penggunaan kendaraan listrik di Lombok Timur salah satunya karena minimnya jumlah stasiun untuk mengisi daya.

“Tentu ini akan menjadi hal baik buat anak-anak kita yang mengambil jurusan energi terbarukan. Ke depannya stasiun ini kan banyak dibuat layaknya Pertamina,” ucapnya.

Ia membeberkan, Teknik Elektronik Industri dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik menjadi jurusan unggulan di SMKN 1 Pringgabaya.

Namun sejauh ini peminat paling tinggi masih pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Stasiun pengisian kendaraan listrik adalah sebuah infrastruktur yang mendukung pengisian energi listrik untuk kendaraan listrik, di antaranya mobil listrik, sepeda motor listrik, dan sejenisnya. 

Stasiun-stasiun ini penting ketika melakukan perjalanan, dan banyak mendukung pengisian daya lebih cepat pada tegangan dan arus yang lebih tinggi daripada mengisi energi listrik di rumah atau tempat kerja.

Sementara di Lombok Timur sendiri, stasiun pengisian daya kendaraan listrik baru ada di dua tempat. Yaitu di Kantor PLN Selong dan SMKN 1 Pringgabaya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button