Daerah NTBKota Bima

Pengganti Aji Rum Belum Turun dari Kemendagri

Kota Bima (NTBSatu) – Nama pengganti H. Mohammad Rum atau Aji Rum sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Bima masih dalam proses di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hal itu menyusul pengajuan pengunduran diri Aji Rum sebagai Pj Wali Kota Bima pada 10 Juli 2024 kemarin.

“Belum ada Surat Keputusan (SK) yang turun dari Kemendagri, biasanya kalau sudah ada akan terlebih dulu kami (Pemprov, res) terima,” kata Kepala Kepala Biro Pemerintahan Setda NTB, H. Lalu Hamdi kepada NTBSatu, Selasa, 23 Juli 2024.

Hal yang sama disampaikan Kepala BKPSDM Kota Bima, H. Fakhrunrazi. Ia belum menerima SK fisik dari Kemendagri perihal pengganti Aji Rum sebagai Pj Wali Kota Bima.

“Belum ada, SK fisiknya belum kami terima. Masih proses (di Kemendagri, red),” ujar Fakhrunrazi kepada NTBSatu pagi tadi.

Apakah pengganti Aji Rum adalah Sekda Kota Bima, Muhktar Landa? sebagaimana rumor yang beredar di media sosial, Fakhrunrazi tak mau berandai-andai sebelum SK dari Kemendagri keluar.

“Kami tidak bisa berandai-andai. Siapa pun nanti, tergantung dari pusat (Kemendagri),” bebernya.

3 Nama yang Diusulkan sebagai Pengganti Aji Rum

DPRD Kota Bima menetapkan tiga nama calon Pj Wali Kota Bima pengganti Aji Rum. Mereka akan mengusulkan ketiga nama itu ke Kemendagri.

“Tiga nama calon Pj Wali Kota Bima sudah kami tetapkan melalui rapat fraksi dan pimpinan DPRD Kota Bima,” kata Syamsurih, kemarin.

Adapun tiga nama calon Pj Wali Kota Bima itu, yakni Sekda Kota Bima, Mukhtar Landa; Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bima, Muhammad Natsir; dan Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan pada Arsip Nasional Republik Indonesia, Muhammad Sumitro.

Sementara itu, Pemprov NTB juga berhak mengajukan tiga nama calon pengganti Aji Rum ke Kemendagri.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi NTB, H. Lalu Hamdi membenarkan, bahwa tiga nama calon Pj Wali Kota Bima telah diusulkan. Namun, prosesnya masih berlangsung di Kemendagri.

“Ada tiga nama yang sudah masuk ke Kemendagri dan sudah di tangan pak Menteri. Tinggal pak Menteri menilai, melakukan profiling terhadap tiga calon ini,” jelasnya.

Adapun dari tiga nama tersebut, ia enggan mengungkapkannya. Hamdi hanya memberikan bocoran kriteria sosok pengganti Aji Rum itu.

“Tiga orang itu adalah ASN dengan status JPT Pratama. Sudah berpengalaman dalam pemerintahan dan berpengalaman dalam penyelenggaraan pemerintahan,” ujarnya.

Termasuk, mengenai asal tiga ASN tersebut, apakah dari lingkup Pemkot Bima, Pemprov NTB ataupun Pemerintah Pusat. Ia juga irit bicara terkait hal itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button