ADVERTORIALPendidikan

Raih Juara 1 Peksimida, Mahasiswa Ummat Wakili NTB di Ajang Peksiminas 2024

Mataram (NTBSatu) – Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) kembali mencatatkan prestasi gemilang. Kini, pada ajang Pekan Seni Mahasiswa Daerah atau Peksimida 2024.

Dua mahasiswa Ummat, Nurul Aulia dan Arif Rahman berhasil meraih juara 1 kategori menyanyi dangdut putri dan penulisan lakon. Keberhasilannya tersebut, membuat mereka akan mewakili NTB dalam ajang Pekan Seni Mahasiswa Nasional atau Peksiminas 2024.

Juara Satu Peksimida Kategori Menyanyi Dangdut Putri

Nurul Aulia yang merupakan mahasiswa semester IV Administrasi Publik FISIPOL Ummat ini, memang memiliki hobi menynayi sejak kecil. Bahkan, telah menjadi bagian dari hidupnya, karena sang ayah merupakan pemusik.

“Menyanyi merupakan hobi saya sejak kecil, karena bapak juga seorang pemusik. Saya merasa sangat bangga sekaligus bahagia terpilih mewakili NTB dalam ajang ini,” ujar perempuan asal Dompu ini dengan penuh semangat.

Peksimida Provinsi NTB 2024
Nurul Aulia, mahasiswa Ummat yang meraih juara 1 kategori Menyanyi Dangdut Putri pada ajang Peksimida Provinsi NTB 2024. Foto: Dok Humas Ummat

Selama mengikuti Peksimida, Nurul menghadapi berbagai tantangan. Termasuk, saingan dari berbagai kampus dan rasa takut gagal.

Namun, semua tantangan itu mampu teratasi dengan latihan vokal setiap hari dan meningkatkan rasa percaya diri.

“Tantangan terbesar saya adalah menghadapi pesaing-pesaing dari berbagai universitas yang memiliki kemampuan luar biasa. Rasa takut gagal selalu menghantui, tetapi saya memutuskan untuk tidak menyerah. Setiap hari saya melatih vokal saya, baik bersama pembina maupun sendiri, dan berusaha meningkatkan rasa percaya diri. Saya percaya bahwa persiapan yang matang adalah kunci keberhasilan,” jelas Nurul.

Perempuan kelahiran 2003 ini juga menekankan pentingnya dukungan dari kampus dalam mencapai prestasinya.

“Dukungan kampus sangat berarti dalam proses ini. Wakil Rektor III selalu memberikan motivasi dan saran yang berharga. Kampus juga menyediakan fasilitas untuk latihan sehingga saya bisa memaksimalkan potensi saya,” tambahnya.

“Harapan saya di Peksiminas nanti adalah mendapatkan lebih banyak pengalaman, teman baru dari berbagai kampus, dan membawa nama baik Ummat,” harap Nurul.

Juara Satu Peksimida Kategori Penulisan Lakon

Sementara itu, Arif Rahman yang merupakan mahasiswa semester VI Sistem Teknologi Informasi Fakultas Teknik Ummat, mengaku bangga atas prestasinya. Ia yang berasal dari Apitaik-Pringgabara, Lombok Timur itu telah menulis puisi dan cerita fiksi sejak SMP.

Peksimida Provinsi NTB 2024
Arif Rahman, mahasiswa Ummat yang meraih juara 1 kategori Penulisan Lakon pada ajang Peksimida Provinsi NTB 2024. Foto: Dok Humas Ummat

Kemudian, bakat menulis itu kembali ia salurkan di Ummat dengan berbagbung ke UKM Teater Sansentra. Pria kelahiran 2003 ini juga aktif menulis di luar kegiatan akademis, telah menciptakan sejumlah naskah lakon yang dipentaskan di berbagai kesempatan di Ummat.

“Bergabung dengan UKM Teater Sasentra membuka mata saya lebih luas terhadap dunia teater dan seni pertunjukan. Saya belajar bagaimana menyusun dialog yang kuat, menggambarkan karakter yang kompleks, dan menyampaikan pesan-pesan yang mendalam melalui seni lakon,” jelasnya.

Pengalaman Peksimida 2024 sangat luar biasa dan menantang baginya, terutama karena ia pernah gagal pada tahun sebelumnya. Inspirasi untuk menciptakan cerita yang menarik dalam waktu singkat menjadi tantangan terbesarnya. Dukungan dari kampus, meskipun tidak sepenuhnya, sangat membantunya melewati semua itu.

“Harapan saya adalah tidak hanya menjadi juara di Peksiminas, tetapi juga menginspirasi banyak orang dengan karya-karya seni saya, serta mengharumkan nama NTB dan Ummat,” harap Aris dengan semangat yang membara.

Untuk persiapan di Peksiminas, ia sering membaca karya-karya dari Anton Chekhov, N Riantiarno, Putu Wijaya, Arifin Noer, dan tokoh lainnya sebagai referensi dalam pembuatan naskah lakon.

“Bacaan ini membantu saya memperluas wawasan tentang struktur cerita, karakter, dan nilai-nilai yang ingin saya sampaikan melalui seni lakon,” tambah Arif.

Apresiasi Wakil Rektor III Ummat

Juara Peksimida Provinsi NTB 2024
Momen foto bersama seluruh pemenang Peksimida Provinsi NTB 2024. Foto: Dok Humas Ummat

Atas prestasi kedua mahasiswa Ummat tersebut, Wakil Rektor III, Dr. Erwin, M.Pd., menyampaikan kebanggaan dan harapan besar untuk keduanya.

“InsyaAllah, Ummat senantiasa mendukung talenta mahasiswa untuk tampil dalam ajang kompetisi. Hal ini sejalan dengan semangat Milad Ummat ke-44 ‘Sinergi Menuju Unggul dan Berdaya Saing’. Kami berharap kedua mahasiswa yang mewakili NTB dalam ajang Peksiminas 2024 dapat meraih prestasi di tingkat nasional dan kelak menjadi kebanggaan bagi NTB dan Ummat,” harapnya.

Ia juga berharap mahasiswa dan calon mahasiswa Ummat mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi secara bertahap pada ajang talenta yang diselenggarakan di tingkat peguruan tinggi, daerah, dan nasional.

“Pada Peksiminas berikutnya, Ummat akan lebih memaksimalkan persiapan sehingga dapat lebih banyak lagi memenangkan tangkai lomba pada ajang Pesimida untuk mewakili NTB pada ajang Peksiminas,” tambah Erwin.

Dengan semangat yang tinggi dan dukungan dari berbagai pihak, Nurul Aulia dan Arif Rahman siap membawa nama baik NTB dan Ummat di kancah nasional dalam Peksiminas 2024. Semoga prestasi gemilang ini terus berlanjut dan menginspirasi mahasiswa lainnya untuk berprestasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button