BERITA LOKALDaerah NTBOlahraga

Atlet Voli Pantai NTB Gagal Bawa Indonesia ke Olimpiade 2024

Mataram (NTBSatu) – Harapan atlet voli pantai putra asal NTB, Sofyan Rachman Efendi bersama rekannya, untuk membawa nama Indonesia ke Olimpiade 2024 Paris pupus.

Mereka gagal merebut tiket berlaga di ajang bergengsi olahraga dunia itu, setelah menelan kekalahan melawan Australia di babak semifinal AVC Beach Volleyball Continental Cup 2024. Laga semifinal itu berlangsung di Ningbo, China, Sabtu, 22 Juni 2024.

Melalui pertandingan ketat di dua lapangan terpisah, Tim Indonesia 1 (Bintang dan Sofyan) kalah 2-0 dari Tim Australia 1 (Nicolaidis dan Caracher). Sedangkan Tim Indonesia 2 (Danang dan Yosi) kalah 2-1 dari Tim Australia 2.

PBVSI Beri Apresiasi

Meskipun belum berhasil membawa Indonesia ke Olimpiade, Ketua Umum Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), Imam Sudjarwo memberikan apresiasi kepada seluruh atlet yang berjuang.

“Tidak apa apa. Kalian sudah memberikan yang terbaik. Masih banyak kesempatan lain untuk berprestasi,” ujarnya, dikutip dari keterangan yang diterima NTBSatu, Selasa, 25 Juni 2024.

Tim Indonesia Kalah Jam Terbang

Head Coach Tim Voli Pantai Indonesia, Slamet Mulyanto mengungkapkan, belum beruntungnya atlet voli pantai Indonesia meraih tiket Olimpiade karena kalah jam terbang dengan tim Australia.

Hal ini terlihat pada pengambilan keputusan saat skor angka kritis. Bahkan, terdapat beberapa kali servis, blok dan penempatan bola yang justru memberikan angka tambahan ke Australia.

“Secara teknis, tidak kalah bahkan setara. Tapi jam terbang kita kalah dibandingkan pemain Australia. Anak anak main kurang tenang dan agak terburu buru di saat angka kritis,” jelas Slamet.

Untuk mengatasi hal ini, official tim voli pantai Indonesia sudah memiliki rencana program untuk menghadapi turnamen selanjutnya.

“Ke depan harus lebih banyak lagi diberi kesempatan bertanding di luar negeri, agar menambah jam terbang dan pengalaman atlet. Selain menambah poin untuk tim Indonesia,” tambah Slamet.

Sebelumnya, pasangan tim voli pantai putra Indonesia, Bintang dan Sofyan berhasil menjuarai ajang voli pantai bergengsi dunia, Volleyball World Beach Pro Tour 2024 di Qingshan, Wuhan, China.

Kemenangan tersebut merupakan sejarah dalam dunia bola voli Indonesia. Sebab, untuk pertama kalinya tim bola voli pantai Indonesia berhasil menjuarai turnamen World Beach Pro Tour.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button