BERITA LOKALKota Mataram

Salat Ied PW Muhammadiyah NTB, Khatib Sampaikan Pembelajaran Pengorbanan Nabi Ibrahim

Mataram (NTBSatu) – Sedikitnya 900 jemaah melaksanakan salat Iduladha 10 Zulhijah 1445 H di Masjid Darul Arqam, Sekarbela, Kota Mataram, Senin, 17 Juni 2024.

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) NTB menggelar salat ied bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Muhamammadiyah (PCM) Darul Arqam Sekarbela.

Dr. Mukhlisin, M.Si bertindak sebagai imam, dan khotbah oleh Wakil Ketua Majelis Tabligh PWM Sulawesi Selatan, Drs. H. Sulaiman Gosalam, M.Si.

Pelaksanaan Salat Iduladha

Pantauan NTBSatu di lapangan. Salat Ied berlangsung secara khusyuk dan khidmat dimulai. Dimulai sekitar pukul 07.05 Wita.

Jemaah yang hadir tak hanya berasal dari warga Muhammadiyah. Masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah Sekarbela pun turut menyemarakkan.

Salat Ied dihadiri PWM NTB dan seluruh pimpinan PCM Darul Arqam Sekarbela. Termasuk perwakilan pimpinan.

Khidmat pelaksanaan Salat Iduladha di Masjid Darul Arqam Muhammadiyah. Foto: Zifran Zabral

Pembelajaran Pengorbanan Nabi Ibrahim

Dalam khotbahnya, Sulaiman Gosalam menekankan pentingnya umat Islam di seluruh dunia mengambil pembelajaran dari pengorbanan Nabi Ibrahim a.s.

Pengorbanan itulah yang membuat Kota Mekah hari ini menjadi tanah makmur dan penuh berkah di dunia.

“Perintah Allah, SWT. Malam 8 dan 9 Zulhijah kepada Nabi Ibrahim untuk menyebelih anaknya, Ismail merupakan sebuah pengabdian besar. Jika mau bersabar, makan akan mendapat pahala,” ungkapnya.

“Iduladha yang identik dengan idul kurban, bukan hanya sekadar menyembelih hewan dan membagikannya. Tetapi, bentuk pengabdian kepada Allah dalam rangka memperingati pengorbanan Nabi Ibrahim,” jelas Wakil Ketua MUI Kecamatan Tallo, Makasar.

Dengan begitu, akan meningkatkan taraf kehidupan di dunia dan akhirat. Termasuk, meningkatkan kapasitas menjadi orang mulia.

“Agar memiliki jiwa sosial dan peka terhadap sesama,” tambah Ketua Pembina Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Sulawesi Selatan.

Penyembelihan Hewan Kurban

Usai pelaksanaan salat Ied, pihak panitia Iduladha Masjid Darul Arqam PWM NTB akan langsung melakukan penyembelihan hewan kurban.

Dalam perayaan Kurban tahun ini setidaknya lima hewan kurban. Terdiri dari 1 ekor sapi dan 4 ekor kambing.

Dalam rangka Iduladha 1445 H juga, panitia mengajak jemaah salat Ied untuk mengikuti pengajian umum, pada malam Rabu esok. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button