Kota Mataram

BNN Mataram Dorong Pembentukan Satgas Anti Narkoba di Sekolah Melalui Program “Remaja Teman Sebaya”

Mataram (NTBSatu) – Program “Remaja Teman Sebaya” dilakukan untuk mencegah dan membentengi siswa dari bahaya narkoba, khususnya di lingkungan pendidikan.

Kepala BNN Kota Mataram, Kombespol Ivanto Aritonang, ST., menekankan pentingnya dukungan dari beberapa peran OPD.

“Sinergisitas ini sangat kami harapkan dalam upaya menciptakan SMP di Kota Mataram ini menjadi Sekolah Bersinar (Sekolah Bersih Narkoba),” ungkapnya.

Ivanto juga menyampaikan akan membentuk Satgas Anti Narkoba di setiap sekolah di Kota Mataram.

“Guru dan para siswa bisa langsung terlibat untuk mencegah penyalahgunaan maupun peredaran narkoba di sekolah,” katanya.

Sebagai langkah awal pelaksanaan program, kegiatan ini akan disosialisasikan melalui dialog interaktif remaja yang melibatkan perwakilan siswa dari beberapa SMP/MTs negeri dan swasta di Kota Mataram dalam satu bulan ke depan.

Berita Terkini:

Program “Remaja Teman Sebaya” diharapkan menjadi pionir dalam menciptakan lingkungan sekolah yang bebas dari narkoba, dengan partisipasi aktif dari seluruh elemen pendidikan.

Peningkatan Kasus Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja menunjukkan peningkatan kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar SMP/MTs di Kota Mataram.

“Berdasarkan data dari BNN Kota Mataram, tidak bisa dijadikan tolok ukur prevalensi penyalahguna se Kota Mataram. Akan tetapi berdasarkan data yang masuk untuk melakukan rehabilitasi, hampir 40 persen,” jelas Sub. Koordinator P2M (Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat) BNN Kota Mataram, Subandriadi.

Ia menambahkan jika berdasarkan usia kurang dari 19 tahun sekitar 5 persen, kemudian usia 19 sampai 25 tahun sekitar 38 persen yang sudah melakukan rehabilitasi. (WIL)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button