Lombok Timur

SPAM Pantai Selatan Lombok Ditargetkan Beroperasi Akhir Juni 2024

Lombok Timur (NTBSatu) – Pembangunan fisik Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Pantai Selatan yang terletak di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur kini telah rampung.

Kabar itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lombok Timur, Dewanto Hadi.

Ia pun menyebut bahwa fasilitas penyediaan air bersih untuk masyarakat Lombok Timur bagian selatan itu akan mulai beroperasi pada akhir Juni 2024.

“InsyaAllah minggu terakhir Juni sudah beroperasi. Baik SPAM Pantai Selatan maupun SPAM Sembalun,” kata Dewanto, Selasa, 4 Juni 2024.

IKLAN

Dewanto menyebut, SPAM Pantai Selatan saat ini baru memenuhi jumlah debit 60 liter per detik, dari target semula 150 liter per detik.

Adapun tidak terpenuhinya target debit tersebut karena dua mata air yang direncanakan akan diambil tidak mendapatkan izin dari masyarakat.

Berita Terkini:

“Dua mata air yang kita rencanakan tidak diizinkan makanya hanya bisa terealisasi baru 60 liter per detik saja,” ucapnya.

Debit air yang tersedia ini, lanjut Dewanto, baru hanya bisa memenuhi kebutuhan air masyarakat Kecamatan Jerowaru dengan jumlah sambungan sekitar 2.000 rumah tangga.

Guna memenuhi target debit 150 liter per detik, pihaknya telah mendapat dua tambahan sumber mata air.

“Dua sumber mata air itu berada di lahan Pemkab Lombok Timur sehingga dipastikan tidak ada resistensi dari masyarakat,” tutupnya. (MKR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button