Politik

Guru Besar UIN Mataram Sebut Munculnya Perempuan di Pilkada Bukti Transformasi Sosial Budaya dan Politik

Lombok Timur (NTBSatu) – Potensi kaum perempuan menjadi pemimpin di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sejumlah daerah di NTB disebut mulai muncul saat ini. Hal itu disampaikan Guru Besar Hukum Keluarga Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Prof. Atun Wardatun.

Tingginya potensi itu menurut Atun setelah sejumlah tokoh perempuan NTB turut bertarung pada Pilkada 2024. Bahkan beberapa di antaranya digadang menjadi posisi satu, bukan lagi wakil, misalnya saja Sitti Rohmi Djalillah yang dikabarkan maju menjadi Calon Gubernur NTB.

Menurutnya, majunya tokoh perempuan sebagai pemimpin tertinggi menandakan adanya transformasi sosial budaya dan politik, serta pembangunan SDM dan perspektif gender yang tidak lagi patriarki.

Atun mengatakan, kepemimpinan perempuan akan melahirkan perspektif pembangunan yang beragam bahkan lebih lengkap bagi satu wilayah yang dikelola.

IKLAN

Berita Terkini:

“Karena pengalaman hidup seorang perempuan berbeda dengan laki-laki. Hal yang tidak tersentuh oleh pikiran dan perasaan laki-laki justru bisa dilakukan perempuan. Terutama menyangkut aspek keadilan dan kesempatan,” kata Atun, Jumat, 24 Mei 2024.

Selain itu, lanjut Atun, tampilnya perempuan menjadi pemimpin akan menggerakkan perempuan lainnya untuk aktif dalam mencapai tujuan bersama.

Menurutnya, perempuan juga mampu menjadi pengelola yang efektif untuk pencapaian tujuan pembangunan yang inklusif.

“Menggerakkan perempuan lain untuk terlibat aktif tidak hanya merupakan amanah undang undang tetapi harus secara empiris dicontohkan dalam kehidupan nyata,” ungkapnya. (MKR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button