Kota Bima

Peringati Hardiknas 2024, HM Rum Sampaikan Amanat Mendikbudristek dan Mendagri

Kota Bima (NTBSatu) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bima menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis, 2 Mei 2024 di Halaman Kantor Wali Kota Bima.

Pada kesempatan itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Bima, H. Mohammad Rum, selaku inspektur upacara menyampaikan amanat dari Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian.

Amanat Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, yang dibacakan Aji Rum menekankan peran penting gerakan merdeka belajar dalam merubah paradigma pendidikan di Indonesia.

“Lima tahun terakhir telah menjadi waktu yang sangat berpengaruh dalam perjalanan transformasi pendidikan di Indonesia,” kata Aji Rum menyampaikan amanat Mendikbudristek.

Dalam perjuangan memimpin gerakan merdeka belajar, lanjutnya, tantangan dan peluang yang dihadapi semakin menguatkan kesadaran akan pentingnya kemajuan pendidikan di Indonesia.

“Apresiasi atas perjuangan semua pihak dalam menjalankan gerakan merdeka belajar, serta menitipkan amanah untuk melanjutkan perubahan yang telah dimulai,” ungkapnya.

Terlepas dari amanat Mendikbudristek tersebut, Aji Rum juga menggambarkan visi masa depan pendidikan.

Menurutnya, pendidikan dan kebudayaan tentang konsep “Merdeka Belajar” ditekankan sebagai cara untuk memberikan kebebasan kepada setiap individu dalam mengejar ilmu pengetahuan sesuai minat dan potensi masing-masing.

Berita Terkini:

“Terutama dalam menumbuhkembangkan kreatifitas dan inovasi para guru dan peserta didik,” ujarnya.

Sementara itu, amanat Mendagri, Tito Karnavian yang disampaikan Aji Rum menyoal tentang Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 Tahun 2024 kemarin.

Dalam amanat tersebut menyoroti pentingnya otonomi daerah yang berkelanjutan dalam menciptakan ekonomi hijau dan lingkungan yang sehat.

Tema peringatan Hari Otonomi Daerah tahun ini, yaitu “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat.”

Tema ini, kata Aji Rum, bertujuan untuk memperkuat komitmen dan tanggung jawab pemerintah daerah dalam membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal.

“Dia (Mendagri) juga mengimbau untuk evaluasi program dan kegiatan dalam APBD untuk memastikan keefektifan dan efisiensi dalam mencapai tujuan pembangunan daerah,” terangnya.

Tidak hanya itu, Aji Rum juga menyoroti pentingnya penerapan konsep pengembangan daerah berbasis ekonomi hijau yang diadvokasi oleh Mendagri.

Konsep ini dianggap sebagai langkah strategis dalam menjaga kelestarian lingkungan serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan bagi daerah.

“Semoga amanat dari para menteri tersebut dapat menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk terus berjuang demi masa depan yang lebih baik bagi bangsa dan negara serta mendorong kemajuan dan kesejahteraan Kota Bima,” tandasnya. (MYM)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button