ISU SENTRALPendidikan

Guru Penggerak di Bima yang Setor Uang Demi Jabatan Terancam Dicoret

Mataram (NTBSatu) – Sejumlah guru penggerak di Bima yang diduga menyetor sejumlah uang untuk menjadi kepala sekolah terancam dicoret. Hal ini ditegaskan Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) NTB, Drs. Suka, M.Pd., usai beredarnya informasi dugaan jual beli jabatan kepala sekolah di Bima.

“Betul, jika terbukti, akan dicoret sebagai guru penggerak. Kalau terbukti juga, jelas dari pihak Dinas Pendidikan akan menjatuhkan sanksi maupun hukuman,” tegas Suka kepada NTBSatu, Selasa, 9 Januari 2024.

Diketahui, para guru penggerak itu diduga dikumpulkan dan dimintai uang oleh seorang oknum Caleg DPRD NTB di Bima berinisial B. Ia tidak sendiri menjalankan kegiatannya. Melainkan ditemani dua orang lain, yakni Pengawas KCD Dinas Dikbud NTB Bima inisial S dan Kepala Sekolah SMAN di Tambora inisial H.

Informasi yang diterima NTBSatu, guru penggerak yang siap menjadi kepala sekolah dimintai uang dengan uang muka kisaran Rp5 juta hingga Rp10 juta. Dengan total uang yang harus diserahkan sebesar Rp17 juta hingga Rp30 juta.

Sumber NTBSatu juga menyebut, sudah ada beberapa guru penggerak yang dimintai uang. Salah satunya, di sekolah negeri Langgudu sebsar Rp15 juta.

Berita Terkini:

“Di antara mereka, ada yang menolak, ada juga yang mengiyakan. Tapi tidak berani buka suara,” kata Sumber, Minggu, 7 Januari 2024.

Kejadian ini pun membuat miris dunia pendidikan. Pasalnya, apa yang terjadi di Bima saat ini bertolak belakang dengan tujuan dari dibentuknya guru penggerak oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button