ADVERTORIALKota Bima

Ciptakan Masyarakat yang Higenis, Pemkot Bima Deklarasi 5 Pilar STBM

Mataram (NTBSatu) – Guna mewujudkan perilaku masyarakat yang higienis dan saniter secara mandiri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Pemkot Bima melalui Pokja PKP menggelar Deklarasi 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

STBM merupakan pendekatan yang dianggap Efektif untuk mengubah perilaku masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan.

Pj Wali Mohammad Rum mengapresiasi kepada seluruh pihak terkait yang telah menyelenggarakn kegiatan yang sangat penting bagi masyarakat Kota Bima.

Deklarasi tersebut mencakup pilar-pilar penting, termasuk kepemimpinan dan partisipasi masyarakat. Kemudian penghentian buang air besar sembarangan, pengelolaan sampah rumah tangga, pemberdayaan masyarakat dalam bidang air bersih dan higiene, serta promosi perilaku hidup bersih dan sehat.

“Pengembangan sanitasi bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab bersama. Dengan membuka deklarasi 5 Pilar STBM, kita bersama-sama membangun fondasi yang kuat untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya, Senin, 4 Maret 2024.

Berita Terkini:

Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa Deklarasi lima Pilar STBM tersebut sejalan dengan Program Pemerintah Kota Bima yaitu “Gema jumpa berlian” yang bukan hanya sekadar membersihkan lingkungan. Tetapi juga merupakan wujud nyata dari kepedulian terhadap lingkungan tempat tinggal Masyarakat kota bima.

“Mari kita tingkatkan komitmen bersama dalam mencapai tujuan sanitasi total berbasis masyarakat. Saya berharap agar Masyarakat ikut berperan aktif dalam mendukung setiap inisiatif yang bertujuan meningkatkan kondisi sanitasi di lingkungan mereka,” tutupnya.

Sementara Ketua Pokja PKP Kota Bima menyampaikan bahwa hasil Verifikasi yang dilaksanakan oleh TIM POKJA PPAS Provinsi NTB menyatakan bahwa Kota Bima dinyatakan lolos dengan hasil baik sebagai kota yang melaksanakan 5 Pilar STBM.

“Kami berharap ke depannya pemerintah Kota Bima bisa meningkatkan sanitasi yang layak dan aman serta menuju Kota yang bersih, Kesehatan masyarakat merupakan tanggung jawab kami,” katanya.

Kegiatan yang berlangsung di Paruga Na’e Convention Hall itu dihadiri Pj Gubernur NTB, Ketua DPRD Kota Bima, Ketua Pokja PPAS Prov. NTB, Kepala Dinas Kesehatan Prov NTB, Sekretaris Daerah Kota Bima, Ketua Forkopimda Kota Bima, Ketua Tim PKK Kota Bima, Pimpinan OPD, Perwakilan Dandim 1608, Perwakilan Polres Bima Kota, Kepala Puskesmas serta camat dan Lurah sekota bima. (KHN/*)

IKLAN
IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button