Pariwisata

Fakta atau Mitos? Satu Wisata di Lombok Ini Konon Dapat Sembuhkan Penyakit

Mataram (NTBSatu) – Banyak masyarakat yang mempercayai bahwa wisata di Otak Kokok Joben dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Otak Kokok Joben berada di Pesanggrahan, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur. Lokasi tersebut masuk dalam pengelolaan Resort Joben, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani.

Mitos yang berkembang di sini adalah jika mandi di bawah air terjun di Otak Kokok Joben ini, kemudian air terjun menerpa tubuh berubah menjadi putih seperti putih susu maka tubuh terdapat penyakit.

Lalu, apabila terus diguyur dengan air terjun itu maka penyakit akan segera sembuh. Namun ada banyak pula masyarakat yang menganggap hal itu sebagai mitos belaka.

Mitosnya lagi, ada pengunjung bersaksi tentang pengalaman unik mereka di Koko Joben. Pengunjung itu mengklaim adanya perubahan positif dalam kesehatan mental dan fisik setelah menjalani mandi di air terjun Otak Kokok Joben.

Baca Juga: Fokus Selesaikan Utang Jadi Alasan Pemprov NTB Ajukan Formasi CPNS dan PPPK Sedikit

Meskipun belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini, popularitas Otak Kokok Joben terus meningkat. Bahkan tak pernah sepi dikunjungi wisatawan lokal.

Namun, para ahli kesehatan menegaskan perlunya penelitian lebih lanjut untuk menilai keefektifan dan keamanan dari praktik ini.

Dalam menghadapi klaim yang bersifat mistis, masyarakat diingatkan untuk tetap skeptis dan mencari informasi yang didasarkan pada bukti ilmiah.

Sebagai fenomena wisata yang kontroversial, Kokok Joben menimbulkan pertanyaan seputar batas antara keyakinan spiritual dan kesehatan yang didukung oleh penelitian.

Dengan terus berkembangnya popularitasnya, sangat perlu sebuah riset yang membuka tabir kebenaran di balik pengalaman unik ini. (SAT)

Baca Juga: Daftar Capres dengan Jejaring Oligarki Terbanyak, Nomor 02 Terbesar?

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button