Pendidikan

Kemendikbudristek Tegaskan ANBK untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Mataram (NTB Satu) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menegaskan, pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk meningkatkan kualitas dunia pendidikan di Indonesia.

Sebab, melalui ANBK ini dapat menjadi program evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Terlebih lagi, ANBK tidak dirancang hanya sebagai pengganti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, tetapi merupakan penanda perubahan paradigma tentang evaluasi mutu pendidikan.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PDM) Kemendikbudristek, Iwan Syahril pun mengajak seluruh pihak melalui ANBK ini untuk bersama-sama memperbaiki kualitas pembelajaran dan iklim di satuan pendidikan.

“Melakukan peningkatan secara lebih spesifik dan sejalan dengan perencanaan yang berbasis pada data, fokus pada kualitas dan penciptaan iklim sekolah yang lebih berpihak kepada murid dan sesuai dengan konteks dan kearifan lokal. Serta menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih aman dan menyenangkan bagi semua warga pendidikan untuk beraktivitas di sekolahnya,” ujarnya saat webinar Silaturahmi Merdeka Belajar (SMB), dikutip Selasa, 15 Agustus 2023.

Iwan Syahril menjelaskan bahwa ANBK harus menciptakan iklim apa adanya, rileks, tidak perlu cemas, dan tidak perlu persiapan khusus yang menegangkan. Karena ANBK bukan penentu kelulusan, serta tidak ada konsekuensi pada nilai.

“Program ini adalah partisipasi bersama-sama sebagai upaya untuk memajukan pendidikan dengan hasil refleksi bersama-sama, mendorong kolaborasi dengan semua pihak. Jadi, Asesmen Nasional benar-benar berfungsi untuk melihat potret yang lebih utuh tentang kualitas hasil belajar serta proses pembelajaran di sekolah. Kemudian, dijadikan umpan balik yang berguna bagi sekolah dan dinas pendidikan dalam proses evaluasi diri dan perencanaan program,” jelasnya.

Baca Juga :

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button