Pendidikan

Unram Gunakan Pendeteksi Logam untuk Antisipasi Kecurangan UTBK

Mataram (NTB Satu) – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023 tinggal dua hari lagi, sampai Minggu, 28 Mei 2023. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) penyelenggara UTBK, Universitas Mataram (Unram) telah memastikan tidak akan ada kecurangan selama pelaksanaan.

Humas Unram yang juga Humas Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unram, Khairul Umam, menyampaikan, pihaknya telah mengantisipasi hal tersebut.

“Kami menggunakan metal detector (pendeteksi logam) untuk mengantisipasi kecurangan-kecurangan yang mungkin terjadi,” jelasnya, Jumat, 26 Mei 2023.

Penggunaan metal detector ini, kata Umam, berdasarkan arahan dari panitia pusat.

“Panitia pusat meminta setiap penyelenggara UTBK meminimalisir kecurangan. Sebab kecurangan-kecurangan selalu ada setiap tahunnya. Maka, kami di Unram menyiapkan metal detector agar UTBK bisa berjalan dengan jujur dan lancar,” tambahnya.

Umam juga memastikan, bahwa selama pelaksanaan UTBK 2023 sejak hari pertama hingga terakhir ini, berjalan lancar dan aman.

“Sejauh ini tidak ada indikasi kecurangan dan pelanggaran dari peserta sejak gelombang pertama mulai. Alhamdulillah berjalan lancar dan aman,” ujarnya.

Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek, Prof. Nizam, juga mengimbau para peserta UTBK untuk tidak berbuat curang.

“Adik-adik santai saja mengerjakan ujian, tidak usah stres. Jangan juga curang karena itu merugikan diri sendiri. Percaya diri saja dengan kemampuan diri sendiri,” katanya, dilansir dari Kompas.com.

Nizam menerangkan, kalau berbuat curang itu akan merugikan diri sendiri, bukan orang lain. “Malulah untuk berbuat curang karena yang rugi diri sendiri. Jika bisa masuk PTN dengan curang, bisa saja nantinya karena tidak mampu, justru nanti kuliahnya tidak berhasil,” pungkasnya. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button