Daerah NTB

Kisah Ahmad Munjizun, Pemuda NTB yang Sabet Gelar Doktor di Amerika Ternyata Lulusan Unram

Mataram (NTB Satu) – Seorang mahasiswa doktoral (S3) asal Desa Batunyala, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Ahmad Munjizun tengah menjadi perbincangan netizen, terlebih di NTB.

Video pidato wisuda yang disampaikan wisudawan S3 North Carolina University, Amerika Serikat itu tengah menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Ahmad Munjizun atau yang lebih dikenal dengan Jizun diketahui telah menyelesaikan S3 Ilmu Kehewanan dengan spesifikasi equine science atau ilmu tentang kuda. Ia adalah mahasiswa penerima beasiswa fullbright.

Sebelum menyelesaikan kuliah S3 di North Carolina University, Ahmad Munjizun adalah mahasiswa S1 Peternakan Universitas Mataram. Sedangkan pendidikan S2 Jizun ditempuh pada tahun 2012 di Queensland, Australia.

Masa kecil Jizun banyak dihabiskannya dengan menggembala kuda bersama orang tuanya di Lombok. Hal itu terungkap dari pidatonya yang mengatakan, ‚ÄúSebagai seorang bocah, aku tumbuh memelihara hewan. Kuda, poni dan sapi.”

Saat namanya sempat mencuat 2020 lalu, Jizun mengaku bertahan hidup di tengah Pandemi Covid-19 dengan cara terpaksa berpuasa karena uang saku beasiswa tak mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

Ahmad Munjizun sebenarnya telah rampung menyelesaikan kuliah doktoralnya pada Januari 2023 lalu, tepatnya hari Jumat, 6 Januari 2023. Namun videonya baru ramai belakangan ini. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button