Pendidikan

Pembukaan PPDB Juni Mendatang, Dinas Pendidikan Kota Mataram Ungkap Ada Perubahan Aturan

Mataram (NTB Satu) – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SD dan SMP di Kota Mataram akan dimulai Juni 2023 mendatang. Berbagai persiapan telah mulai dilakukan, salah satunya terkait petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Mataram, Yusuf, S.Pd., menyampaikan, bahwa juklak dan juknis PPDB masih menggunakan yang lama. Namun, untuk jalur afirmasi ada sedikit perubahan.

“Bagi yang menggunakan jalur afirmasi ini tidak boleh keluar dari zonasinya. Mereka mendaftar hanya sesuai zonasinya,” ungkap Yusuf kepada NTBSatu, Selasa, 9 Mei 2023.

Aturan ini pun mendapat pengecualian bagi calon peserta didik yang berprestasi. “Meskipun jalur afirmasi, tetapi berprestasi, ia boleh memilih sekolah di luar zonasinya,” tambah Yusuf.

Terkait zona irisan yang selalu menjadi perhatian saat pelaksanaan PPDB, Yusuf menerangkan, akan memperjelasnya sehingga tidak menimbulkan polemik.

“Zona irisan ini akan kami perjelas saat pembahasan teknis PPDB bulan ini. Saya harap nanti saat pelaksanaan jangan ada lagi saling tarik menarik,” jelas Yusuf.

Rencananya. waktu pelaksanaan PPDB di Kota Mataram akan menyesuaikan dengan jadwal pengumuman kelulusan siswa SD dan SMP. Berdasarkan, Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Nomor 004/H/EP/2023, tanggal pengumuman kelulusan SD dan SMP, pada 8 Juni 2023.

“Maka, pembukaan pendaftaran PPDB akan mulai di bulan Juni juga,” pungkas Yusuf. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button