Kota Mataram

Pertamina Ungkap Sumber Api, 3 Kru yang Hilang Dikabarkan Melompat ke Laut

Mataram (NTBSatu)PT Pertamina International Shipping (PIS) melakukan penyelidikan internal atas insiden pada kapal MT Kristin di Pelabuhan Ampenan, Minggu 26 Maret 2023.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Muh. Aryomekka Firdaus mengatakan, Kapal MT Christine merupakan kapal milik PT Hanlyn Jaya Mandiri yang saat ini tengah disewa oleh PIS untuk mengangkut BBM ke TBBM Ampenan dan TBBM Sanggaran.

IKLAN

Berdasarkan laporan sementara, insiden terbakarnya kapal terjadi saat kapal melakukan labuh jangkar. Titik api terlihat berasal dari haluan depan kapal, lazim dengan sebutan forecastle atau mooring deck depan.

“Namun mengenai penyebab timbulnya api masih diselidiki lebih lanjut,” Aryomekka Firdaus.

Sebanyak 17 kru kapal berupaya optimal untuk memadamkan api, namun belum berhasil. Sehingga, nakhoda memutuskan untuk segera evakuasi.

Dalam proses evakuasi, 3 kru yang tengah melakukan operasional jangkar diketahui lompat ke laut terlebih dahulu dan saat ini masih dalam pencarian.

IKLAN

Tiga kru yang hilang itu di antaranya, Diki Abdul Azis dengan posisi sebagai Mualim 3 di Kapal, Sukirman yang berposisi sebagai Bosun dan Dani Maulana sebagai cadet deck.

“Tiga kru ini masih dalam proses pencarian,” kata Humas SAR Mataram, Lanang Wisnu Wardana.

Sementara, 14 kru lainnya dipastikan selamat dan saat proses evakuasi kru kapal dibantu oleh nelayan sekitar. Kru kapal yang selamat saat ini berada di FT Ampenan.

Tim Emergency Response PIS terus berkoordinasi dengan kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) setempat, Pelindo, dan otoritas lainnya untuk proses evakuasi, penanggulangan kru kapal dan pemadaman. (HAK/ABG)


Lihat juga:

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button