Daerah NTB

Pulau di NTB Diisukan Dijual ke Asing, TNI Turun Tangan

Mataram (NTB Satu) – Isu penjualan pulau-pulau yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB) ke pihak asing mulai menyeruak. Hal itu muncul setelah Kepala DPMPTSP NTB, Muhammad Rum membuat pernyataan terkait isu penjualan beberapa pulau tersebut.

Menanggapi hal itu, pihak Korem/162 WB mulai melakukan pendataan terkhusus keberadaan pulau-pulau yang ada di NTB. Total sebanyak 403 pulau yang ada di NTB tidak luput dari pendataan Korem 162/WB beserta pihak terkait lainnya.

IKLAN

Upaya tersebut juga sebagai bentuk antisipasi dari adanya kebenaran isu itu. Beberapa hal yang dilakukan, seperti mengumpulkan info terkait pulau-pulau kecil yang ada di NTB, termasuk data dari Korem 162/WB.

Menanggapi itu, Kasrem 162/WB, Kolonel Inf Lalu Habibburrahim Wiradharma menuturkan, salah satu tugas TNI merupakan melindungi pulau-pulau kecil yang ada di Indonesia, termasuk NTB. “Kondisi NTB tidak jauh beda dengan NTT, memiliki pulau-pulau kecil,” kata Habib saat Rakor pendataan pulau-pulau di NTB.

Dengan adanya pemberitaan penjualan pulau-pulau kecil tersebut, lanjut Habib, Korem 162/WB wajib turut campur tangan untuk melindungi pulau-pulau kecil yang ada di NTB.

“Kami akan menyosialisasikan pentingnya NKRI kepada masyarakat yang ada di pulau-pulau kecil. Dikhawatirkan, ini akan berkembang apabila tidak dimanfaatkan dan tidak berpenghuni (tidak dikelola dengan baik),” sambungnya.

IKLAN

Selain itu, kesamaan data di antara para instansi harus menjadi atensi bersama, agar penanganan yang dilakukan secara bersama tepat dan terukur.

Ada pun data pulau yang ada di Provinsi NTB yaitu Lombok Barat sebanyak 126 pulau, Lombok Tengah sebanyak 44 pulau, Lombok Timur sebanyak 65 pulau, dan Lombok Utara sebanyak 3 pulau.

Sedangkan di Sumbawa sebanyak 23 pulau, Sumbawa Barat sebanyak 19 pulau, Bima sebanyak 65 pulau, dan Dompu sebanyak 58 pulau.

Usai pendataan bersama, akan dibentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk melakukan pengecekan di lapangan, terkait kondisi riil di lapangan. Sehingga dapat dikelola dengan baik untuk masyarakat NTB. (MIL)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button