Daerah NTB

Pemuda asal Lombok Nekat Tur Indonesia Sendirian

Mataram (NTB Satu) – Pemuda asal Sesela, Kabupaten Lombok Barat, Angga Erliansyah Saputra (31) nekat melakukan tur sendirian atau single touring sejauh 23.000 kilometer bersama Honda CB150X kesayangannya. Perjalanan yang ditempuh selama 2 bulan ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan oleh Rangga, panggilan akrabnya.

Dengan bermodal nekat dan dana operasional yang terbilang cukup minim, tetapi tekad Rangga berpetualang dan bertemu keluarga barunya yaitu klub-klub asal berbagai daerah mampu menutupi rasa lelahnya.

Kisah seru ini dimulai sejak 29 September 2022 ketika Rangga iseng-iseng mengeksplorasi ke wilayah Jawa Timur hingga Jawa Tengah selama 12 hari. Ketika itu Rangga hanya membawa uang sebanyak Rp500 ribu saja.

“Uang bukan kendala yang berarti bagi saya sebab, banyak teman dan rekan klub yang turun mendukung saya selama perjalanan. Seperti menjamu saya makan minum dan lainnya,” jelas Rangga.

Tak puas hanya mengeksplorasi wilayah Pulau Jawa, baru dua hari istirahat di rumah di Lombok, Rangga kembali tancap gas dengan tujuan yang lebih menantang.

“Tur paling jauh ke Sumatera Selatan, ke Palembang. Sampai 2 bulan menghabiskan waktu mengeksplorasi. Saya menggunakan CB150X termasuk irit. Bensin modal Rp1 juta untuk perjalanan PP Lombok Palembang,” tambah Rangga.

Rencana mendatang ada tawaran untuk tur hingga ke Brunei. Namun persiapan tengah dimatangkan terlebih dahulu. Untuk tahun ini sudah ada 5 undangan yang masuk, dari Sabang, Malaysia, hingga Brunei. Dukungan juga kerap didapatkan dari rekan-rekan sesama bikers dari setiap provinsi. Hubungan kekeluargaan yang sangat solid menjadi motivasi terbesar Rangga tetap bersemangat mengitari Indonesia. Meski meninggalkan anak istri di rumah, namun tanggungjawab untuk urusan dapur tetap dipenuhi oleh Rangga.

“Saya sering dapat rezeki dari talikasih yang disumbangkan oleh rekan-rekan komunitas sesama bikers yang saya jumpai, Sebagian rezeki itu saya sisihkan untuk anak istri di kampung,” tutur Rangga sambil tertawa.

Perjalanan dimulai dari Lombok lalu ke Bali, Banyuwangi, Jember, Lumajang, Ranupani, Taman nasional Bromo, Malang, Kepanjen, Prigi Kabupaten Malang, Malang, Blitar, Tulungagung, Pacitan, Yogyakarta, Purworejo, Wonosobo, Banjarnegara, Purwokerto, Banjar, Purwakarta, Jakarta, Tangerang, Cilegon, Bakauheni, Bandar Lampung, Palembang, dan kembali melalui jalur utara.

Single Touring yang dilakukan ini sekaligus untuk memperkenalkan Pulau Lombok dan menghadiri deklarasi klub CB150X Bekasi, Kopdar bersama HAI Bogor, Kopdar CB150X Surabaya, Kopdar silaturahmi member HPCI Cikarang, HPCI Kuningan dan tentunya untuk menguji ketangguhan Honda CB150X dengan berbagai medan seperti taman dan pegunungan yang terdapat di setiap Provinsi Pulau Jawa dan Sumatera Selatan.

“Selama perjalanan saya mendapat banyak kesan yang luar biasa, hingga membuat candu ingin melakukan perjalanan yang lebih seru lagi. Harapannya pengalaman saya ini dapat menginspirasi serta mengedukasi rekan-rekan bikers lainnya yang ada di seluruh Indonesia dan bisa mengeskplorasi seluruh destinasi yang ada di Indonesia. Tentunya oleh-oleh paling membanggakan yaitu bisa berbagi kisah ini kepada keluarga di rumah,” tutup Rangga. (ABG)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button