Pariwisata

BPPD Lombok Timur Targetkan 53 Event Pariwisata Tahun 2023

Mataram (NTB Satu) – Meskipun baru saja memasuki tahun 2023, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) telah menyiapkan calendar of event yang padat. Tercatat, BPPD Lombok Timur akan melaksanakan 53 perhelatan.

IKLAN

“Kami sudah meminta kepada Pak Bupati Lombok Timur agar gelaran-gelaran yang tercatat dalam calendar of event diberikan anggaran. Sebab, anggaran untuk event pariwisata memang telah dianggarkan oleh pemerintah. Harus ada pikiran bahwa pemerintah daerah sangat peduli terhadap gelaran-gelaran yang dilakukan oleh para penyelenggara kegiatan,” ungkap Kepala BPPD Lombok Timur, Muhammad Nursandi, Minggu, 1 Januari 2022.

Dengan banyaknya gelaran yang akan dilaksanakan di Lombok Timur, Nursandi mengharapkan agar setiap pelaku pariwisata segera berkoordinasi dengan BPPD Lombok Timur agar mendapatkan informasi mengenai gelaran apa saja yang sekiranya dapat menarik minat wisatawan.

“Sebenarnya, kami menargetkan agar wisatawan yang berkunjung ke Lombok Timur mencapai 1 hingga dua 2 pengunjung, seperti target Pemerintah Provinsi. Akan tetapi, karena pariwisata Lombok Timur sedang berbenah, kami akan bekerja keras terlebih dahulu untuk minimal menghadirkan setengah juta orang,” ungkap Nursandi.

Bersama Dinas Pariwisata Lombok Timur, BPPD telah bertemu dengan berbagai penyelenggara gelaran. BPBD Lombok Timur dan berbagai penyelenggaran kegiatan sepakat akan melaksanakan perhelatan dari pantai sampai gunung serta dari daerah pinggiran sampai daerah pusat.

IKLAN

“Event-event yang dipastikan terlaksana di Lombok Timur akan dibantu sebisanya oleh pemerintah daerah. Sering kali, kami gelagapan dalam menerima proposal kegiatan yang dilaksanakan penyelenggara kegiatan. Oleh karena itu, kami meminta kepada penyelenggara kegiatan agar mengajukan proposal sesuai dengan kapan waktunya anggaran dari pemerintah diturunkan,” jelas Nursandi.

Menurut Nursandi, kabupaten-kabupaten lain mungkin tidak ada yang melaksanakan gelaran setiap bulan. Pada tahun 2023, Kabupaten Lombok Timur menangkap peluang untuk melaksanakan gelaran selama setiap bulan. Calendar of event 2023 pun telah disebar menuju berbagai pemilik perusahaan perjalanan wisata.

“Dengan segala kemampuan yang ada, kami mencoba untuk berbenah mengenai kondisi pariwisata di Lombok Timur setelah dihajar oleh pandemi Covid-19. Walaupun belum bisa menyasar wisatan nasional dan internasional, biarlah wisatawan-wisatawan lokal yang berkunjung menuju Lombok Timur,” ucap Nursandi.

Sementara ini, destinasi andalan dari Lombok Timur masih berfokus di wilayah Sembalun, Tete Batu, Kembang Kerang, dan wilayah Ekas.

“Yang menjadi persoalan pariwisata di Lombok Timur adalah kurangnya infrastruktur yang memadai, penyiapan sumber daya manusia, serta belum masifnya promosi hotel-hotel,” pungkas Nursandi. (GSR)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button