Kota Mataram

TPU Penuh, Pemkot Mataram Minta Developer Perumahan Sediakan Sarana Pemakaman Mandiri

Mataram (NTB Satu) – Sebagai wilayah padat penduduk, luasan Tempat Pemakaman Umum (TPU) menjadi salah satu kebutuhan vital di Kota Mataram. Seiring berjalannya waktu, kapasitas TPU di Kota Mataram kian menipis, seperti TPU Kota Mataram di Karang Medain yang sudah melampaui kapasitas.

Karena ramainya pembangunan perumahan, Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram meminta kepada setiap developer perumahan di Kota Mataram untuk menyediakan lahan atau sarana pemakaman mandiri untuk memenuhi kebutuhan penghuni.

“Para pengembang atau developer yang ada, harus melihat hal ini sebagai kebutuhan yang sangat mendesak sekali, berkaitan dengan penyediaan fasilitas sosial di komplek pemukiman yang dibangun,” ujar Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana.

Selain itu, pada tanggal 19 Desember 2022 kemarin, Pemkot Mataram mulai menyiapkan lahan seluas 18 are di Petemon, Pagutan Timur untuk memenuhi kebutan tersebut.

“Kami akan persiapkan untuk pemakaman umum, dan memiliki luas 18 are, dan semoga bisa dimanfaatkan untuk 3 hingga 4 tahun ke depan,” imbuhnya.

TPU tersebut berada di dekat Ruang Terbuka Hijau (RTH) Petemon, bersebelahan dengan lahan pemakaman umum milik masyarakat Petemon.

”Nanti akan saya perintahkan Kadis Lingkungan Hidup untuk melakukan pembersihan area, juga menambahkan penerangan serta melengkapi fasilitas yang dibutuhkan di lokasi tersebut,” tutupnya. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button