IKLAN
Pariwisata

DP Geopark Gelar Kemah Geowisata Guna Memajukan Pariwisata di Lingkar Tambora

Mataram (NTB Satu) – Dewan Pelaksana Geopark Tambora Samota Bisosphe Reserve Pulau Sumbawa bekerja sama dengan Perkumpulan Pamandu dan Interpreter Geowisata Indonesia (PERPIGI) mengelar kegiatan National Youth Geowisata Educamp (NYGE) 2022 di Savana Dorombolo, Desa Oi Panihi, Kabupaten Bima, pada 28 hingga 30 Oktober 2022.

Kegiatan itu, sebagai salah satu langkah mencapai visi memajukan potensi wisata yang ada di Lingkar Tambora sekaligus visi NTB Asri dan Lestari milik Pemerintah Provinsi NTB.

IKLAN

“Kegiatan National Youth Geowisata Educamp mendukung program Gubernur NTB dalam memajukan potensi desa wisata dan NTB Hijau,” ujar General Manajer Geopark Tambora Samota Bisosphe Reserve Pulau Sumbawa, Ir. Hadi Santoso.

Sehingga masyarakat dan khususnya pelajar, lanjut Hadi, lebih mengenal potensi alam dan wisata yang dimiliki daerahnya. Acara tersebut terdiri dari berbagai rangkaian, seperti Upacara Hari Sumpah Pemuda, Kemah Eduwisata, pengenalan Geowisata Air Terjun Oi Panihi, penanaman pohon, pengenalan Geopark Tambora dan pengenalan Cagar Biosfer Samota.

“Dari rangkian kegiatan, masyarakat setempat, para pelajar SMA dan SMK se-Pulau Sumbawa merasa memiliki dan bangga, serta termotivasi untuk menjaga warisan dunia, yang telah ditetapkan sebagai taman bumi ini,” terang Hadi.

Ia juga mengapresiasi kekompakan dan antusias masyarakat Desa Oi Panihi, dalam mempersiapkan lokasi pelaksanaan NYGE 2022 dari awal hingga akhir, yang dianggap sebagai cerminan local wisdom.

“Tidak ada pariwisata yang bisa maju dan besar tanpa gerakan seirama dari masyarakat setempat. Terimakasih banyak Bu Kades Nia Kurniati, Pokdarwis, Karang Taruna, PALTAM, dan seluruh masyarakat Desa Oi Panihi,” puji pemilik Sentral Muslim Grup itu.

Sementara, Kepala Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BKPH DLHK) Provinsi NTB, Tofopajo Soromandi turut memberi apresiasi atas kegiatan tersebut.

“Program NTB Hijau dengan melakukan penanaman pohon di sekitar Savana Dorombolo dan Air Terjun Oi Panihi, sangat baik untuk mengembalikan fungsi hutan dan melindungi mata air,” terangnya.

Terlebih, usai pelaksanaan kegiatan, para peserta dan seluruh panitia, melakukan kegiatan bersih-bersih sampah sisa pelaksanaan. Hal ini dirasa penting, sebab salah satu penyebab banjir di NTB, adalah banyaknya sampah yang tidak dikelola dengan baik.

Tidak ketinggalan, hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Desa Oi Panihi, Nia Kurniati selaku tuan rumah NYGE 2022. “Kami dari panitia lokal Desa Oi Panihi, telah menyiapkan semua hal untuk mendukung kegiatan nasional ini, demi kelancaran kegiatan dari awal hingga akhir acara. Kami berusaha menjadi tuan rumah yang baik,” ucap Kades perempuan tersebut.

Ia berharap, para peserta dapat mempromosikan keindahan Destinasi Wisata Oi Panihi, Savana Dorombolo dan potensi alam lainnya melalui media sosial dan cerita baik yang ada di Desa Oi Panihi.

“Ke depan, kami berharap acara serupa dengan didukung GM Geopark Tambora, dapat kembali dilaksanakan di sini. Kami akan mempersiapkan diri sebaik mungkin,” tutupnya.

Kegiatan yang mengusung tema “Satukan Gerak Pemuda, Lestarikan Alam, Demi Masa Depan yang Gemilang” itu diikuti oleh ribuan peserta dari 70 SMA, SMK dan komunitas se-Pulau Sumbawa. (RZK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button