IKLAN
INFO NTB

Gubernur Sebut Kemampuan Teknologi Jadi Isu Penting di Era Ekonomi Terbuka

Mataram (NTB Satu) – Technological Capability atau kemampuan teknologi adalah hal penting dalam meningkatkan daya saing di era ekonomi terbuka, seperti saat ini. Hal tersebut, disampaikan oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah.

“Di dalam ekonomi terbuka harus dimaksimalkan daya saing, untuk memaksimalkannya diperlukan kemampuan teknologi yang didampingi dengan knowledge base yang kuat dan Intensity of Effort,” ujar Zulkieflimansyah, saat mengisi Kuliah Umum bertajuk “Kebijakan Pengembangan Inovasi dan Teknologi dalam Mendukung Industrialisasi di NTB” sebagai rangkaian Dies Natalis ke – 59 dan Temu Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mataram (UNRAM) yang berlangsung di Gedung Teater FEB, Senin, 24 Oktober 2022.

IKLAN

Selain itu, Gubernur juga menyatakan bahwa ketika masyarakat membeli produk-produk luar maka harus menguasai technological capability dari produk tersebut. Hal tersebut bertujuan untuk, apabila terjadi masalah atau kerusakan dapat membuat produk yang lebih baik lagi.

“Tidak apa-apa mengambil berbagai produk dari luar, selama masih dapat menguasai Technological Capabilitynya,” papar Gubernur.

Selain itu, Gubernur menjelaskan perihal isu Sustainable Development atau Pembangunan Berkelanjutan yang seharusnya tidak hanya terkait dengan lingkungan. Menurutnya, pembangunan berkelanjutan adalah isu sains dan teknologi. Pembangunan baru bisa berkelanjutan apabila kampus-kampus meningkatkan kemampuan penelitian.

“Kemudian lembaga-lembaga penelitian juga melakukan hal yang sama dan yang paling penting adalah ada pengembangan kemampuan lokal,” pungkas Gubernur. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button