ADVERTORIAL

Bikin Gubernur NTB Bangga, Cidomo Listrik Karya SMKN 3 Mataram Binaan PLN Mejeng di IEMS 2022

Jakarta (NTB Satu) – Dokar Listrik (Dolis) atau Cidomo Listrik karya SMKN 3 Mataram mencuri perhatian pada acara Indonesia Electric Motor Show 2022 yang diadakan di Jakarta Convention Center. Mengusung Tema Konversi Energi dari Konvensional ke Energi Tenaga Listrik, Cidomo yang sebelumnya berpenggerak tenaga kuda, yang merupakan transportasi tradisional dikonversi menggunakan tenaga listrik yang memiliki kekuatan 1,5 kW dengan daya angkut mencapai 600 Kg.

Pada gelaran IEMS 2022 hari kedua, Dolis memukau pengunjung karena diuji coba langsung oleh Bambang Soesatyo, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, yang turut ditumpangi oleh Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah dan Gubernur Bali I Wayan Koster mengitari area pameran di JCC.

IKLAN

Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah yang hadir pada gelaran IEMS 2022 sebagai pembicara dengan tema Smart Transportation System and Tourism menuturkan Dolis karya SMKN 3 Mataram merupakan sebuah ide trobosan yang tetap berselaras dengan lingkungan tetapi compatible dengan modernitas, sehingga mampu menjadi solusi kendaraan angkut di wilayah khusus pariwisata NTB.

“Dolis merupakan karya yang melalui proses panjang, dengan trial and eror dan dikembangkan melalui feed back konstruktif untuk menjawab tantangan perubahan yang terakumulasi dari pembelajaran proses,” tutur gubernur.

Lebih lanjut, ia menyampaikan rasa bangganya atas capaian SDM NTB yang turut meramaikan ajang IEMS 2022 sebagai satu satunya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tampil dengan karya kendaraan listrik Dolis-nya pada ajang yang bertaraf Nasional itu.

“Dolis karya SMKN 3 Mataram memukau audiens yang hadir pada acara ini, sebuah akumulasi pembelajaran yang panjang dan buah dari kolaborasi bersama PLN, terima kasih PLN yang telah memberikan arahan dan bantuan kepada SMK kami, dan tidak menutup kemungkinan kedepan dari kolaborasi yang ada mampu menghasilkan karya yang menakjubkan dimasa yang akan datang,” demikian ujar bang Zul, sapaan akrab gubernur.

IKLAN

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Nusa Tenggara, Wahidin, menyampaikan kolaborasi antara PLN Peduli dengan SMKN 3 Mataram merupakan wujud nyata dukungan PLN pada dunia pendidikan, dan program ini sejalan dengan transformasi PLN dalam mengkampanyekan program ekosistem kendaraan listrik.

“Apabila melihat era kedepan, kendaraan listrik menjadi sebuah keniscayaan, dan apa yang di tunjukkan oleh anak-anak SMK ini menunjukkan bahwa SDM kita di daerah itu siap untuk era electric vehicle,” ucap Wahidin

Lebih lanjut disampaikan, melalui konsep teaching factory, ke depan kolaborasi PLN, Badan Riset dan Inovasi Daerah, dan SMK akan mendesain program perbengkelan konversi, dan ini merupakan tahapan program jangka panjang untuk membangun SDM di daerah untuk siap menghadapi era kendaraan listrik.

“PLN siap mendukung pengembangan SDM melalui pelatihan, sertifikasi IKM, untuk menyambut ekosistem kendaraan listrik,” ujar Wahidin.

Sementara itu, Kepala sekolah SMKN 3 Mataram, Ruju Rahmad menambahkan anak-anak didik di sekolah perlu diperkenalkan tentang kemajuan perkembangan teknologi, pembukaan wawasan, terutama kendaraan listrik, sehingga generasi ke depan sudah siap berkompetisi dan terlibat pada masa kendaraan berbasis listrik atau baterai.

“Kami berterima kasih kepada PLN yang sejak awal mendukung kami, dan harapan kami kolaborasi ini ke depan mencetak inovasi untuk anak didik di NTB,” kata Ruju.

Cidomo Listrik karya SMKN 3 Mataram memiliki spesifikasi dengan kapasitas motor penggerak 1,5 kW, menggunakan baterai 55 aH, daya angkut mencapai 600 kg dengan kecepatan tempuh 40 – 60 km/jam. (ABG)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button