Mataram

Blangko Pembuatan KTP di Mataram Menipis

Mataram (NTB Satu) – Jumlah persediaan blangko KTP di Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Mataram sedang menipis, yakni kurang dari seratus keping. Sedangkan permintaan pembuatan KTP diakui masih cukup tinggi.

“Dua minggu lalu, yang kita dapatkan dari Pusat itu 500 keping. Tapi kalau sekarang sisanya sekitar kurang dari seratus,” ujar Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Disdukcapil Mataram, Lalu Ahmad Gunadi, Jumat, 16 September 2022.

Karena itu, Disdukcapil Kota Mataram menyarankan kepada masyarakat yang hendak membuat KTP sebaiknya dalam format KTP digital. “Dari awal dibuka, sekitar 400 orang sudah menggunakan KTP digital,” tutur Ahmad.

Namun diakui Ahmad, proses pembuatan KTP digital sering kali terkendala oleh jaringan internet dan spesifikasi handphone si pengaju sendiri.

Menipisnya stok blangko tersebut berimbas kepada proses pembuatan KTP yang menjadi lebih lama dari sebelumnya, tidak seperti saat blangko masih banyak. “Ini saya daftar hari ini, saya disuruh ambil minggu depan hari Jumat,” kata warga bernama Anto.

Namun warga lainnya, Ahmad Fitra yang saat itu menemani Anto, mengungkapkan bahwa beberapa waktu lalu, proses pembuatan KTP yang ia ajukan langsung jadi dalam waktu dua hari. “Kalau saya dulu cuma sehari. Sekarang saya buat, besoknya langsung disuruh ambil, langsung jadi,” ucap Ahmad kepada NTB Satu. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button