ADVERTORIAL

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB ke Berbagai Lokasi dan Menemukan Para Siswa yang Luar Biasa

Mataram (NTB Satu) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB telah berkeliling menuju berbagai sekolah di NTB. Berkat kunjungan tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB menemukan terdapat salah satu SMA negeri di Pulau Lombok yang memiliki siswa dan telah menerbitkan buku tidak berstandar ISBN.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, Julmansyah M.Ap., mengatakan, para siswa yang telah menerbitkan buku tersebut, memiliki kadar estetika tinggi. Bahkan, Duta Baca Indonesia, Gol A Gong, membawa beberapa judul buku karya para siswa tersebut untuk diterbitkan ulang dan berstandar ISBN.

IKLAN

“Kami menemukan fakta bahwa salah satu SMA negeri di Lombok, punya beberapa siswa yang telah menghasilkan beberapa karya yang tidak ber-ISBN dan sangat menarik,” ungkap Julmansyah dalam Webinar Duta Baca Indonesia: Darurat Buku Indonesia, Rabu, 25 Mei 2022.

Lebih lanjut, Julmansyah menceritakan, kepala sekolah di SMAN tersebut telah mengajak siswa berkeliling ke berbagai komunitas literasi. Selain itu, kepala sekolah tidak pernah berhenti memberitahu kepada siswa bahwa perpustakaan adalah jantung pendidikan.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, H. Amir S.Pd., M.M., mengatakan, peta jalan budaya literasi tersebut akan digunakan sebagai sinergi peran seluruh pemangku kepentingan dalam meningkatkan budaya literasi. Perwujudan Sumber Daya Alam yang mumpuni, memiliki tiga aspek: literasi dasar, karakter, dan kompetensi.

“Literasi tidak hanya membuat seseorang menjadi tahu, tetapi dengan literasi yang tinggi bakal membuat seseorang terampil dalam mengatasi masalah,” ujar Amir, dalam sambutan Bedah Buku “Catatan Orang Dalam” karya Nur Elya Anggraini, di Aula Perpustakaan Daerah NTB, Selasa, 24 Mei 2022. (GSR)

IKLAN
IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button