IKLAN
NTB

Salat Ied di Islamic Center NTB, Ribuan Jemaah Khidmat dalam Saf yang Dirapatkan

Mataram (NTB Satu) – Salat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H, Senin 2 Mei 2022 berlangsung di Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center NTB pukul 07.00 Wita berlangsung khidmat. Khutbah disampaikan oleh Wakil Rektor III UIN Mataram Dr. KH Subhan Abdullah Acim dan Imam salat Ied Ust H. Abdul Hamid, Qori’ Terbaik I pada STQ NTB tahun 2017.

Jemaah Salat Ied terpantau tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), terutama dalam menggunakan masker. Meski demikian, kali ini tidak lagi berjarak. Saf saf dirapatkan, seiring dengan semakin landainya kasus Covid-19 dan cakupan vaksinasi yang semakin meningkat.

IKLAN

Dr. KH Subhan Abdullah Acim mengambil tema “Membentuk Jati Diri yang Gemilang Pasca Ramadan”. Ia menekankan pentingnya mewujudkan jati diri yang gemilang dengan jiwa besar. Misalnya dengan selalu saling menghargai, saling memberi maaf, menjalin silaturrahmi.

“Dan selalu memperbaharui niat untuk mengharap ridha Allah SWT semata dalam segala aktivitas kita, sehingga kita tak tergelincir oleh godaan hawa nafsu yang selalu menggoda. Karena sejatinya, salat kita, ibadah kita, dan bahkan hidup dan mati kita hanya untuk meraih ridha Allah SWT,” ujar Subhan.

Ramadan diibaratkannya dengan lahan pertanian. Petani dianggap berhasil menggarap lahannya ketika panen mendapatkan hasil yang melimpah ruah.

“Demikian juga kita yang merajut taqwa dengan Ramadan, maka pasca Ramadan lah yang menentukan apakah kita berhasil menjadi orang-orang yang bertaqwa atau tidak? apakah kita bisa membentuk jati diri yang gemilang atau tidak?. Karena setelah Ramadan ini kita akan menghadapi tantangan yang besar,” demikian Subhan.

Sebelumnya, pada malam takbiran di Islamic Center, Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah mengajak masyarakat mensyukuri datangnya Idul Fitri 1 Syawal dengan penuh suka cita, namun tetap mengendalikan diri dengan protokol kesehatan.

“Setelah dua tahun lalu kita tidak menggelar malam takbiran karena dilanda pandemi, kita bisa berkumpul kembali mengagungkan asma Allah dan bisa melaksanakan takbir bersama kembali”, kata Gubernur di Islamic Center, Mesjid Hubbul Wathan 1 Mei 2022.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi mengatakan, malam takbiran adalah puncak kegiatan event Pesona Khazanah Ramadan 2022 dari rangkaian kegiatan lomba, expo dan bazar serta kegiatan peribadatan yang berjalan sukses. (ZSF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button