Daerah NTB

Aplikasi Perpustakan Digital “NTBelib” Diharapkan Mampu Tekan Rasio Kekurangan Buku di NTB

Mataram (NTB Satu) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB menyediakan aplikasi perpustakaan digital NTBelib yang menyediakan buku sebanyak 80.000 judul. NTBelib diharapkan mampu menekan rasio buku yang rendah. Apalagi, aplikasi tersebut sudah bisa diunduh melalui Google Play Store.

Kepala Bidang Layanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, Widodo Ari Budi Utomo mengatakan, NTBelib tersedia untuk mendukung geliat literasi di NTB. Selain itu, NTBelib diproyeksikan dapat membantu meningkatkan kebiasaan membaca serta membentuk minat baca masyarakat.

IKLAN

“Buku-buku yang tersedia itu punya beberapa kategori. Misalnya, ekonomi, sosial, budaya, fiksi, dan lain-lain,” ungkap Widodo Ari, ditemui NTB Satu di ruang kerjanya, Jumat, 22 April 2022.

Lebih lanjut, Widodo Ari memaparkan, rasio buku di daerah NTB terbilang cukup rendah dengan perbandingan 1:90, yang berarti satu buku ditunggu oleh 90 orang. Menurutnya, hal itu terjadi karena keterbatasan dan ketidaksamarataan distribusi bahan bacaan.

“Maka dari itu, kami menyiapkan layanan NTBelib ini sebagai satu solusi untuk menekan rasio buku yang rendah di NTB. Selain itu, NTBelib adalah terobosan terbaru dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB yang diharapkan punya manfaat kuat di masyarakat,” jelas Widodo Ari.

Sebelumnya, Duta Baca Indonesia, Heri Hendrayana Harris atau lebih populer Gol A Gong mengatakan, untuk membangkitkan kesadaran literasi butuh ketersediaan buku yang mumpuni. Lebih lanjut, ia berpendapat bahwa permasalahan dunia menulis di Indonesia dan NTB bukan soal anggaran, melainkan kekurangan penulisnya.

IKLAN

“Bukan minat baca kita yang rendah. Tapi aksesnya sangat terbatas. Biaya ada untuk menulis buku, tetapi tidak ada penulisnya,” ungkap Gol A Gong saat menyambangi Kantor Bahasa Provinsi NTB, 23 Februari 2022. (GSR)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button