Lombok-timur

Inilah Al Hafizi, Hafiz Muda dari Lotim Jadi Delegasi Indonesia di MTQ Internasional di Amerika Serikat

Mataram (NTB Satu) – Siapa yang tidak mengenal dengan sosok Lalu Muhammad Khairurrazaq Al Hafizi, seorang hafiz muda segudang prestasi yang selalu mengharumkan nama NTB di kancah nasional hingga dunia.

Ia merupakan anak dari pasangan Lalu Muhibban Al Hafiz dan Hikmah yang lahir di Desa Kerongkong, Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur pada 14 April 2002 lalu.

IKLAN

Menurut keterangan ayahnya, Muhibban, yang diterima ntbsatu.com, Rabu, 23 Maret 2022, Hafizi dulunya adalah siswa di SDN 4 Pancor.

Namun saat masuk kelas 3 SD, Hafizi kemudian dibawa ayahnya merantau ke Jakarta dan disekolahkan di Madrasah Al Husna Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Hanya setahun bersekolah di Jakarta Selatan, Hafizi kemudian kembali ke kampung kelahirannya dan melanjutkan sekolah di SDN 4 Pancor hingga lulus.

Setelah lulus dari SD, ia kemudian melanjutkan sekolahnya di SMP Islam Tahfiz dan SMK Islam Tahfiz yang di mana pimpinan yayasan sekolah tersebut adalah ayahnya sendiri.

“Mulai di Jakarta saya bimbing dia setiap hari untuk baca dan hafal Qur’an. Saya off kan kegiatan yang lain untuk mendidiknya saat itu,” kata Muhibban.

“Waktu itu, saya kasih dia Rp 5 ribu untuk hafalan setiap ayat sebagai hadiah supaya dia semakin semangat,” tambahnya.

Menurut Muhibban, Hafizi sejak kecil sudah memiliki dasar yang bagus membaca Al-Qur’an. Kemampuan tersebut diperoleh lantaran ibundanya selalu melantunkan ayat suci Al-Quran sejak ia dalam kandungan hingga dia lahir dan besar sampai saat ini.

“Konsentrasi sejak awal oleh ibunya. Dari Hafizi di kandungan setiap hari istri saya memperkenalkan Al-Qur’an,” ujar Muhibban.

Berbagai prestasi yang Hafizi raih, merupakan hasil dari proses latihan dan didikan panjang oleh keluarganya. “Sampai saat ini pun saya latih hafalannya setiap subuh, sore, dan malam,” pungkasnya.

Berikut deretan prestasi yang pernah diraih Lalu Hafizi yang membuatnya menjadi hafiz ternama di Tanah Air.

  1. Tahun 2015 meraih juara 1 Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) 10 juz antar Ponpes se Indonesia yang diadakan di Ponpes Darunnajah Jakarta.
  2. Setahun kemudian, tepatnya pada tahun 2016, Lalu Hafizi berhasil menjadi juara 1 dalam lomba Musabaqah Tahunan Hafalan Al Quran dan Hadist 10 juz tingkat Nasional yang diadakan oleh Kedubes Kerajaan Arab Saudi.
  3. Tahun 2016, ia kembali berhasil meraih juara 1 Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) tingkat Asia Pasifik untuk cabang 10 juz.
  4. Tahun 2016 meraih juara 1 dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional di Mataram, Nusa Tenggara Barat untuk cabang 10 juz.
  5. Tahun 2017 meraih peringkat 7 dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Internasional yang diselenggarakan di Makkah, Arab Saudi untuk kategori 15 juz.
  6. Tahun 2019 meraih juara 4 dalam ajang Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) tingkat Internasional di Iran untuk cabang 30 juz.
  7. Tahun 2021 berhasil meraih juara 2 dalam ajang Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) tingkat Nasional cabang 30 juz di Sumbar.
  8. Tahun 2021, Lalu Hafizi juga berhasil meraih juara 3 dalam ajang Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) tingkat Nasional cabang 30 juz di Maluku Utara.

Bersiap untuk Tampil di MTQ Internasional di Amerika Serikat

Saat ini Al Hafizi kembali diundang mewakili Indonesia untuk menjadi peserta MTQ internasional di Washington DC, Amerika Serikat, pada tanggal 14 hingga 21 Juni 2022 mendatang.

“Saya terima surat undangan dari Kementrian Agama RI bahwa Hafizi mewakili Indonesia ke Amerika untuk lomba MTQ Internasional,” imbuhnya.

“Dengan digelarnya MTQ Internasional di Amerika, harapannya banyak orang di sana yang bisa memeluk agama Islam,” tutup Muhibban. (DAA)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button