MotoGP

Mekanik Suzuki Bandingkan Sirkuit Mandalika, Sepang dan Qatar

Mataram (NTB Satu) – Pra musim MotoGP 2022 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok telah selesai dan meninggalkan banyak kesan baik di masyarakat Indonesia khususnya warga NTB.

Tak terkecuali para rider yang antusias menjalani enam sesi pramusim MotoGP, mulai Jumat 11 hingga 13 Februari lalu.

Secara umum para rider dan tim MotoGP menyambut hangat dan antusias jelang tes dan memuji pemandangan Sirkuit Mandalika yang sangat indah.

Bahkan mereka tidak segan membagikan moment-moment mereka selama berada di Pulau Lombok ke media sosial.

Namun ada pula sejumlah catatan yang ditambahkan oleh para pembalap setelah menjajal Sirkuit Mandalika sebelum race utama MotoGP Maret 2022 mendatang.

Hal itu terkait kondisi lintasan Sirkuit Mandalika yang sebelumnya lintasan sempat dipenuhi debu dan krikil, mengakibatkan para rider tak bisa berimprovisasi lebih di luar racing line.

Banyaknya debu dan krikil tersebut terjadi karena hujan yang sempat turun dan membasahi lintasan.

Hal itu tentu menjadi Pekerjaan Rumah bagi pemerintah sebelum seri kedua digelar pada bulan maret mendatang.

Crew chief Suzuki, Frankie Carchedi, dalam sebuah video wawancara di channel Youtube MotoGP mengatakan, Sirkuit Mandalika membuat mereka harus menyesuaikan mesin dengan kondisi lintasan.

Dimana menurutnya, lintasannya sangat berbeda dengan trek di Sepang, Malaysia.

Namun para crew juga telah memperidiksi bahwa lintasan Qatar akan jauh lebih sulit, sehingga jalur lintasan Sirkuit Mandalika dapat menjadi tempat latihan mereka sebelum menghadapi Sirkuit Losail International Qatar.

Kesulitan lintasan tidak hanya berdampak pada para pembalap, namun juga berdampak pada para crew dan tim yang harus menyesuaikan waktu dalam persiapan suku cadang mesin maupun membersihkan kendaraan.

Selain itu salah satu kritikan dalam lintasan mandalika adalah jauhnya lokasi ganti ban dan jalur keluar yang membuat para pembalap harus sedikit berputar.

Terlepas dari kendala yang ada para crew dan rider telah menyatakan kesiapan mereka untuk beradu kecepatan di lintasan Sirkuit Mandalika pada Maret 2022 mendatang. (NIL)

IKLAN
IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button