DompuOlahraga

Gubernur NTB Rencana Bangun Sirkuit Internasional Pacuan Kuda di Dompu

Mataram (NTB Satu) – NTB ‘diguyur’ pagelaran otomotif dunia berkat dibangunnya Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

Mulai dari tes pra musim MotoGP, seri utama MotoGP, berlanjut ke World Superbike (WSBK), Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) dan GT World Challenge. Berbagai “pesta” olahraga otomotif yang terpusat di Mandalika Lombok.

IKLAN

Tidak perlu waktu lama, muncul ide dan ketertarikan promotor otomotif dunia dengan hadirnya perhelatan Motocross Grand Prix (MXGP) di Kawasan Samota, Sumbawa, 26 Juni 2022 mendatang.

Pada 26 Januari 2022, Gubernur mengungkapkan perhelatan Extreme E bakal terlaksana di Dompu. Pasca kejuaraan MXGP dipastikan terlaksana di Sumbawa dan Extreme E bakal terselenggara di Dompu.

Tidak selesai sampai olahraga otomotif. Terbersit ide Gubernur untuk hadirkan kejuaraan dunia tidak kalah bergengsi lainnya.  Bisa jadi, setelah membaca psikologi masyarakat berkat eforia MotoGP.

Sabtu 29 Januari 2022, kembali melalui unggahan instagram akun @zulkieflimansyah, Gubernur mengumumkan rencananya membangun sirkuit untuk Kuda.

IKLAN

Ya, Sirkuit Internasional Pacuan Kuda. Idenya itu kemudian dirembukkan dengan Bupati Bima, Indah Damayanti Putri, Walikota Bima, HM Lutfi dan Bupati Dompu, Abdul Kader Jaelani.

“Banyak hal bisa selesai dengan berbicara santai dari hati ke hati. Dengan pak Bupati Dompu dan Wali Kota Bima, kita sepakati untuk membangun Sirkuit Pacuan Kuda kelas Nasional dan Internasional di Danau Tanjung Dompu,” tulis Gubernur.

Setidaknya rencana tersebut menjawab ekspektasi masyarakat, khususnya netizen yang berharap Gubernur NTB terus mendatangkan event event internasional di daerah ini.

Sebagaimana tulis akun instagram @ghalib_abuftaim yang sempat menyoroti event besar terpusat di Lombok dan melebar ke Sumbawa.

“Hanya Lombok dan Sumbawa yang dibenahi dan diperjuangkan, saya harapkan jangan dari sektor balap saja yang diadilkan tapi semuanya seperti infrastruktur, pembangunan kota, dll,” tulis @ghalib_abuftaim di kolom akun IG @zulkieflimansyah.

Rencana Gubernur NTB membangun Sirkuit Pacuan Kuda bisa jadi rencana jitu. Sebab, selain kondisi geografis Bima dan Dompu memang mendukung, masyarakat setempat pun sangat menggandrungi olahraga yang disebut Pacoa Jara ini.

Rencana ini pun diapresiasi netizen.

“Insyaallah kedepannya NTB menjadi tuan rumah untuk event-event besar baik nasional maupun bertaraf internasional,” demikian dukungan akun @salehsuud. (GSR)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button