Mataram

Gempa Lombok tak Berpotensi Tsunami, Nihil Laporan Kerusakan

Mataram (NTB Satu) – Gempa bumi mengguncang Lombok Selasa, 25 Januari 2022 pukul 05.14 Wita, selain tak berpotensi tsunami, sampai berita ini ditulis belum ada laporan kerusakan.

Analisa BMKG menunjukkan, gempa berkekuatan Magnitudo 4,6. Episenter terletak pada koordinat 8,78° LS; 116,14° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 km Tenggara Lombok Barat, NTB pada kedalaman 10 Kilometer.

IKLAN

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik, menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi.

Sesuai jenis dan mekanisme Gempa, setelah memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, dijelaskan Ardhianto, gempa tersebut diakibatkan aktivitas sesar aktif di darat.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme geser atau strike-slip,” sebutnya.

Sementara dampak gempa, berdasarkan laporan masyarakat guncangan dirasakan di wilayah Mataram, Lombok Barat dengan skala IV MMI. Artinya, getaran berderik dirasakan banyak orang, setara truk melintas.

Sejauh ini pantauan BMKG, hanya satu kali gempa susulan atau aftershock sekitar pukul 05.47 Wita.

“Rekomendasi, kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” tutupnya. (HAK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button