Sport

Even GT World Challenge Asia 2022, Mandalika Kembali Jadi Tuan Rumah Balap Kelas Internasional

Mataram (NTB Satu) – Sirkuit Mandalika International Street Circuit telah berhasil menjadi magnet olahraga balap kelas internasional. Balapan mobil tak mau ketinggalan, secara resmi sirkuit sepanjang 4,3 km itu bakal menjadi venue baru buat GT World Challenge Asia 2022.

Sirkuit Mandalika International Street Circuit melakukan debutnya dalam gelaran GT World Challenge Asia. Indonesia bakal menjadi seri penutup yang digelar pada 21-23 Oktober 2022.

IKLAN

Co-director Championship GT World Challenge Asia, Benjamin Franassovici mengatakan terpukau dengan Sirkuit Mandalika, selain karena keindahan alam yang ditawarkan, Sirkuit tersebut sudah teruji kualitasnya, karena sukses menggelar event balap internasional seperti WSBK, dan MotoGP 2022.

“Sudah dua tahun rasanya sejak SRO Motorsport Group menggelar balap di Asia dan akhirnya kami kembali dengan ide dan kalender baru,” terangnya.

“Sirkuit Mandalika International Street Circuit adalah sirkuit baru yang luar biasa dan sangat layak mendapatkan tempat di setiap jadwal balapan kejuaraan Asia, termasuk GT World Challenge,” tutur Benjamin dikutip dari detik.com.

Indonesia masuk kalender GT World Challenge 2022. Sumber : IG gtworldchallengeasia

Sebagai informasi, kata dia GT World Challenge Asia merupakan balapan selama 12 jam yang tersebar di enam sirkuit. Dalam balapan GT World Challenge Asia, dua pembalap dalam satu tim bergantian ke trek untuk mencatatkan waktu terbaik dengan total waktu sejam yang digelar dua kali dalam tiap seri.

Disamping itu, Benjamin menyebutkan total ada enam seri yang bakal digelar. GT World Challenge Asia bakal dimulai perdana di Sirkuit Sepang International Circuit pada 20 – 22 Mei 2022. Seri selanjutnya berlangsung di Jepang, yakni Suzuka International Circuit, Fuji International Speedway, dan Sportlands Sugo.

“Ajang ini dilombakan atas empat kelas, yakni GTC, dan GT2 merupakan kategori baru. Lainnya, ialah kelas GT3 dan GT4,” tandasnya.

Pada musim 2019 lalu ada sejumlah tipe mobil supercar dan sportcar yang ikut meramaikan di antaranya Audi R8, BMW M4, Ferrari 488, Honda NSX, Lamborghini Huracan, McLaren 720S, Mercedes-AMG, Porsche 911, dan Porsche Cayman.

Sejumlah nama pebalap asal Indonesia juga pernah ikutan GT World Challenge Asia, yakni Rio Haryanto, dan David Tjiptobiantoro. Mereka tergabung bersama T2 Motorsport yang turun menggunakan Ferrari 488 GT3 pada musim 2019 lalu. (r)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button