Sirkuit MandalikaSport

Larangan Bendera Indonesia di Sirkuit Mandalika Hanya Berlaku di Podium

Mataram (NTB Satu) – Event World Superbike (WSBK) Indonesia di Sirkuit Mandalika pada 19 – 21 November 2021 mendatang tidak akan dihiasi oleh bendera merah Putih.

Hal ini jika ada pembalap Indonesia yang bisa naik ke podium setelah tembus finish 1,2 dan 3. Namun bendera diklaim masih bisa berkibar di sekitar Sirkuit Pertamina Mandalika International Circuit.

“Bendera merah putih tetap kita kibarkan, di luar podium,” kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer menjawab ntbsatu.com Rabu (20/10) pagi.  Hal itu berarti bendera Merah Putih tetap bisa berada di area balapan atau sekitar lintasan Sirkuit.

Mengenai harapan agar sanksi itu dicabut sebelum WSBK atau MotoGP, pihaknya hanya bisa berharap. Sementara kewenangan penuh ada di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). “Kita percayakan kepada Menpora,” tandasnya.

Diketahui, larangan tersebut sebagai buntut lanjutan dari permasalahan Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) yang gaga mematuhi aturan terkait test doping plan (TDP) pada World Anti Doping Agency (WADA).

Selain larangan pengibaran bendera andai ada atlet Indonesia yang berdiri di podium, larangan lain adalah menjadi tuan rumah kejuaraan internasional.

Namun WADA sendiri, dikutip dari Crash, tetap memberi izin gelaran WSBK Indonesia di Mandalika lantaran agenda tersebut sudah dijadwalkan sebelum putusan dijatuhkan.
 

Dikutip dari CNN Indonesia, di kelas Supersport, terdapat pembalap Indonesia yaitu Galang Hendra Pratama yang akan tampil di Sirkuit Mandalika. Galang saat ini ada di posisi ke-21 dengan nilai 24 poin. 

Sedangkan untuk kelas superbike, WSBK Indonesia di Sirkuit Mandalika bakal jadi seri penentu gelar juara dunia.

Saat ini Toprak Razgatlioglu sedang memimpin klasemen dengan nilai 531 poin Ia unggul 30 angka dari Jonathan Rea yang ada di posisi kedua. (HAK)
 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button