NTB

Pemprov NTB Dorong Partisipasi Perempuan Lingkar Sirkuit Mandalika

Lombok Tengah (NTB Satu) – Pemprov NTB melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), mendorong partisipasi kaum perempuan Lingkar Sirkuit, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika guna mendapatkan multiplier effect dengan dibangunnya kawasan tersebut.

Menurut Kepala DP3AP2KB NTB, Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM, perempuan lingkar Sirkuit Mandalika dapat dan bahkan harus berpartisipasi.

“Berperan untuk meningkatkan perekonomian keluarganya,” ungkapnya, Jumat (24/9).

Dijelaskannya perempuan dapat berdaya dalam bidang usaha terlebih jika ada dukungan dari pemerintah terkait. Hal ini pada akhirnya mendorong program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Dengan adanya partisipasi perempuan di Lingkar Sirkuit Mandalika dapat meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas perempuan di bidang ekonomi, sosial, serta pemenuhan hak anak,” tambahnya.

Hal senada diungkap Kabid Perlindungan Perempuan, Hj Erni Suryani S.Sos, MM saat survei tentang pemberdayaan perempuan di sekitar sirkuit, KEK Mandlika.

“Kami kumpulkan dan identifikasi data tentang perempuan di Desa Kuta, seperti kondisinya, jumlahnya, kebutuhannya dan keterampilannya,” tuturnya.

Menurut Erni, demikian sapaan akrabnya, dengan data tersebut, mengecek kesiapan perempuan di Desa Kuta dalam kehidupan pariwisata dan event sirkuit internasional di Mandalika atau tidak. “Atau apa yang bisa diperbuat oleh perempuan di Desa Kuta untuk mensukseskan pariwisata dan event yang akan digelar di sirkuit,” imbuhnya.

Erni menjelaskan bahwa pihaknya berencana akan menerapkan program pemberdayaan dan perlindungan perempuan di Desa Kuta. Untuk itu perlu kolaborasi dalam kebijakan dan pelaksanaannya dengan Pemda Loteng sampai tingkat Desa. (red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button