Daerah NTB

Dosis Vaksin Disebar Serentak ke Ponpes dan Rumah Ibadah di NTB

Mataram (NTB Satu) – Kegiatan vaksinasi merdeka nusantara digelar jajaran Polda NTB, Senin (06/9). Program vaksin untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity menyasar tempat ibadah dan pondok pesantren.

Rangkaian kegiatan vaksin berlangsung di Lombok Tengah, Lombok Barat hingga Lombok Utara dan Kabupaten Dompu. Tim vaksinator dari Polda NTB terlibat langsung di beberapa titik.

Vaksinasi di Dompu (ist)

“Di Lombok Tengah, kegiatan Vaksinasi Merdeka Nusantara dibagi di lima lokasi,” kata Kapolres Lombok Tengah, AKBP Hery Indra Cahyono SIK, SH, MH. Diantaranya Masjid Agung Praya, Pondok Pesantren Qomarul Huda Bagu, Ponpes Diniah Amstilatul Huda Mesaleng Bagu, Ponpes AL Ma’arif Atqia NU Sinah Pengembur dan Ponpes Assholihiyah Monggas.

Kapolres berharap, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Kelompok Masyarakat mendukung pelaksanaan program vaksinasi tersebut, sehingga seluruh masyarakat dapat menerima vaksin gratis secara merata guna mememinimalisir penyebaran virus Covid-19.

Sementara di Polres Lombok Barat, vaksin serentak dengan target minimal sebanyak 700 dosis, menyasar masyarakat Kabupaten Lombok Barat.

Vaksinasi di Lombok Tengah (ist)

“Tentu kegiatan ini, kita selenggarakan dengan pertimbangan, untuk upaya optimalisasi kegiatan vaksinasi di Kabupaten Lombok Barat,” kata Kapolres Lombok Barat, AKBP Bagus S. Wibowo, SIK.

Kapolres mengakui bahwa, capaian vaksin di Kabupaten Lombok Barat masih kurang, sehingga pada pekan ini phaknya target menyalurkan 2000 dosis vaksin.

“Kami mengupayakan sasaran vaksin saat ini kepada Masyarakat Kabupaten Lombok Barat, apakah itu vaksin dosis pertama, maupun dosis kedua,” terangnya.

Pantauan vaksinasi juga berlangsung di Kabupaten Dompu. Turun langsung Kapolres Dompu, AKBP Syarif Hidayat, saat memantau langsung vaksinasi honorer di empat instansi. Seperti Kantor Dinas Perhubungan, Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan, Kantor Dinas Pertanian dan Kantor Dinas Ketahanan Pangan.

Vaksinasi di Lombok Utara (ist)

“Kami pihak Kepolisian selaku aparat penegak hukum akan selalu membantu Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk menyelesaikan program Vaksinasi ini,” ujarnya.

Vaksinasi juga berlangsung di Lombok Utara. Senin (6/9), sasarannya 500 warga di Desa Tegal Maja Kecamatan Tanjung, termasuk di dalamnya di Vihara Loka Dharma, Dusun Sempak Sumur Duyung.

Suntik vaksinasi dipantau langsung Kapolres Lombok Utara, AKBP Fery Jaya Satriansyah.
Di desa ini, warga yang disuntik vaksin 500 orang, menyasar Dusun Gerenggeng, Bimbi Jangkar, Selebung, Leong Barat, Leong Tengah, Sempak Sumur Duyung, Tebanyak, Tenaga, Medain, Lendang Bike.

Dari jumlah penduduk Lombok Utara 241 ribu ditargetkan 180 ribu harus tervaksin. Sekarang sudah tercapai 37 ribu atau 24 persen pada dosis pertama.

“Tujuan kita agar herd immunity khusus pada masyarakat di lingkup vihara di sini,” jelasnya.

Kegiatan sama di Kabupaten Sumbawa Barat, vaksinasi berlangsung Minggu (5/9) di halaman Masjid Ar – Rahmatullah Polres Sumbawa Barat.

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin S.IK. MIP mengatakan, kegiatan dikawal Bhabinkamtibmas sembari mengimbau warga binaannya untuk lebih meningkatkan kesadaraan akan pentingnya Vaksinasi di masa pandemi. (red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button