Lombok TimurPolitik

Inilah 5 Paslon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur beserta Partai Pengusungnya

Lombok Timur (NTBSatu) – KPU Lombor Timur telah menutup tahapan pendaftaran Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati, Kamis malam, 29 Agustus 2024.

Total yang mendaftar sebanyak lima Paslon, di antaranya Rumaksi-Sukisman Azmy, Syamsul Lutfhi-Abdul Wahid, Haerul Warisin-Edwin Hadiwijaya. Kemudian, Tanwirul Anhar-Daeng Paelori, dan Suryadi Jaya Purnama-TGH Khairul Fatihin.

Adapun partai pengusung dari kelima Paslon bupati dan wakil bupati tersebut, yakni Partai Demokrasi, Gelora, dan NasDem pada pasangan Rumaksi-Sukisman Azmy. Lalu, pasangan Syamsul Lutfhi-Abdul Wahid mendapat dukungan PKB, Perindo, dan Partai Ummat.

Pasangan Haerul Warisin-Edwin Hadiwijaya mendapat dukungan PAN, Gerindra, Golkar, PPP, dan PSI. Setelahnya, pasangan Tanwirul Anhar-Daeng Paelori didukung PDIP, Partai Buruh, dan PBB.

Terakhir, pasangan Suryadi Jaya Purnama-TGH Khairul Fatihin mendapat dukungan dari PKS.

Banyaknya jumlah paslon tersebut dampak dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengubah syarat pencalonan pada Pilkada 2024.

Persyaratannya tidak lagi berdasarkan 20 persen raihan kursi di DPRD. Melainkan, menghitung persentasi raihan suara menyesuaikan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) suatu daerah. Artinya, syarat pencalonan cenderung menjadi lebih mudah.

Ramainya paslon yang mendaftar pun memberikan warna baru dalam pesta demokrasi di Kabupaten Lombok Timur. Sebab, pada Pemilihan Bupati Lombok Timur sebelumnya biasanya hanya dua Paslon.

Sebelumnya, Haerul Warisin atau Haji Iron sempat mengomentari banyaknya pasangan calon yang mendaftar tahun ini. Baginya, hal itu sebagai pertanda positif bagi kemajuan demokrasi di daerah Lombok Timur.

“Saya merasa senang dengan banyaknya calon, ini keinginan masyarakat. Jadi semakin banyak yang dipilih masyarakat semakin baik,” ujarnya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button