Lombok Timur

Pantarlih di Lombok Timur Siap Direkrut, KPU Tegaskan Soal Etos Kerja SDM

Lombok Timur (NTBSatu) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur telah mulai melakukan persiapan rekrutmen Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Di mana KPU Lombok Timur menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pembentukan Pantarlih dengan menghadirkan seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Sabtu, 8 Juni 2024.

Pada rapat tersebut, Ketua KPU Lombok Timur, Ada Suci Makbullah menggarisbawahi tentang etos kerja Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan dikukuhkan menjadi Pantarlih.

“Jangan merekrut SDM Pantarlih yang meremehkan tugas mereka, terutama dalam melakukan coklit dari rumah,” pinta Suci pada rapat tersebut.

IKLAN

Menurutnya, prinsip Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih adalah dengan mengumpulkan secara faktual, bukan hanya mengandalkan data yang tersedia di desa atau kelurahan.

Pantarlih sendiri akan direkrut oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) guna membantu pemutakhiran data pemilih.

Berita Terkini:

Adapun jumlah yang akan direkrut di Lombok Timur adalah satu orang Pantarlih per satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 400 orang. Lalu dua Pantarlih pada TPS dengan jumlah DPT 401-600 orang.

Suci meminta, pelatihan teknis untuk Pantarlih juga mencakup hal-hal dasar “Seperti salam ketika berinteraksi dengan masyarakat, penggunaan salam pembuka, serta menjaga akhlak,” ucapnya.

Sementara sebelum dilakukannya coklit daftar pemilih, PPK diminta berkoordinasi dengan camat, polsek, dan babinsa.

“Kita ingin agar DPT kita bersih sehingga tingkat partisipasinya tinggi,” ujar Suci. (MKR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button